Peningkatan Kualitas Pengasuhan Anak di Panti Asuhan ‘Aisyiyah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 13 November 2013 10:17 WIB

Jakarta - Panti asuhan Aisyiyah pada hakekatnya merupakan upaya untuk membantu pengasuhan anak dari keluarga yang tidak mampu, terlantar atau ditinggal oleh salah satu atau kedua orangtuanya. Pengasuhan dapat dilakukan di dalam panti (permanensi care) maupun di luar panti (rumah keluarga/komunitas = alternative care). Bentuk pengasuhan yang diberikan diantaranya bantuan pendidikan dan pemberian fasilitas pendukung pendidikan anak.

Kondisi di atas menjadikan para pengurus panti perlu meningkatkan kualitas  dan ketrampilan dalam pengasuhan anak yang terstandar, mulai dari assessment anak yang layak tinggal di panti hingga anak bisa dilepaskan dari panti kembali ke komunitasnya. Pentingnya fungsi pengasuhan di panti asuhan tersebut menjadi hal yang sangat penting bagi Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Majelis Kesejahteraan Sosial (PPA MKS). Fungsi panti asuhan adalah untuk membantu pengasuhan anak, dengan fungsi yang terstandar dan membantu mencari jalan keluar bagi si anak untuk tumbuh  dan berkembang secara normal.

Pada tanggal 6-9 November 2013, Majelis Kesejahteraan (MKS) PP ‘Aisyiyah mengadakan pelatihan Standar Nasional Pengasuhan Anak (SNPA). Acara yang berlangsung selama empat hari ini di Kampus UHAMKA Jakarta, yang diikuti oleh 45 orang yang mewakili panti asuhan Aisyiyah dari beberapa daerah di Indonesia. Diantaranya dari Bengkulu, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Acara yang mengambil tema “Peningkatan Kualitas Pengasuhan Anak di Panti Asuhan Aisyiyah” merupakan kerjasama antara PP ’Aisyiyah Majelis Kesejahteraan Sosial (MKS) dengan Kementerian Sosial dan Lembaga Save the Children. Tujuan diadakannya pelatihan tersebut secara umum adalah untukMeningkatkan kualitas pengasuhan anak di Panti Asuhan ‘Aisyiyah, serta secara khusus untuk meningkatkan kesadaran pengelola panti tentang pentingnya standar pengasuhan anakdan hak anakdalam menjalankan aktivitas di Panti ‘Aisyiyah, Meningkatkan kinerja pengasuhan anak di panti asuhan ‘Aisyiyah, Membantu Panti agar lebih mudah mendapatkan akreditasi dari Kementerian Sosial.

“Diharapkan setelah mengikuti pelatihan SNPA, panti asuhan kami segera terakreditasi” ucap Kassamaing salah seorang peserta SNPA dari Sulawesi Selatan. (wil)

Shared:
Shared:
1