Malik Fadjar: Muhammadiyah Berperan Bangun Peradaban Umat

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 27 Oktober 2013 00:06 WIB

Sukoharjo –  Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah  Prof. H. Abdul Malik Fadjar menyatakan,  keberhasilan Muhammadiyah terletak dalam kegiatan-kegiatan pendidikan.

“Keberadaan dan peran Perguruan Tinggi Muhammadiyah, baik universitas dan institut maupun sekolah tinggi, akademi, politeknik dan diploma kini mencapai lebih dari 151 jumlahnya,” jelas Malik Fajar di depan peserta Seminar Peran Islam dalam Membangun Peradaban Umat yang digelar dalam rangka Milad ke 55 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), di Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Kamis (24/10/2013).

Menurut Malik Fajar, perguruan tinggi Muhammadiyah tersebut tersebar dari Aceh sampai Papua. Sungguh merupakan kekuatan tersendiri untuk memainkan peran dalam membangun peradaban umat.

“Melalui perguruan tinggi diharapkan akan semakin besar lapisan umat yang mampu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan berbasis profesionalisme dan lahirnya generasi umat yang memiliki kesadaran memperadabkan umat,” jelasnya.

Muhammadiyah, kata dia, membawa pesan pencerahan dari zaman ke zaman dan turut terlibat dalam proses pembangunan peradaban umat. Hal itu dilakukan melalui upaya penerjemahan pengetahuan untuk membentuk karakter yang tepat dan menyiapkan pemimpin-pemimpin yang kompeten.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) pada era presiden Megawati itu mengatakan, jumlah PTM yang tersebar merata di Indonesia membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sehingga dapat menempati posisi profesional dalam dunia kerja. (humas ums/dzar)

Shared:
Shared:
1