PTM Gagas Penguasaan Teknologi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 25 Juli 2011 18:09 WIB

 

Jakarta- UHAMKA menjadi tuan rumah kegiatan Forum Grup Diskusi Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FGDT-PTM) se-Indonesia pada 23-24 Juli 2011. Kegiatan FGDT-PTM ini berlangsung di Auditorium Gedung Utama UHAMKA, Pasar Rebo Jakarta dengan tema “Gagasan Sinergi PTM Menuju Abad ke-2 untuk Penguasaan Teknologi’.

 Hadir dalam acara tersebut, ketua PP Muhammadiyah dan mantan Mendiknas, Prof. HA Malik Fadjar, Direktur Ditlitabnas, Prof. Dr. Suryo Hapsoro Tri Utomo dan Rektor UHAMKA, Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.

Dalam sambutannya, Rektor UHAMKA Prof. Dr. Suyatno, M.Pd, sangat gembira UHAMKA menjadi tuan rumah Forum Grup Diskusi Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FGDT-PTM) se-Indonesia. Diharapkan kegiatan yang berlangsung dua hari itu dapat menghasilkan kerjasa Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang lingkupnya dapat berupa kerjasama proses pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, kemahasiswaan, publikasi jurnal, pemberdayaan SDM, jaringan perpustakaan dana manajemen asset.

“Saya melihat ada ghirah, semangat yang menggeliat di kalangan PTM yang memiliki program studi teknologi untuk mengembangkan basis keilmuan, khususnya saint dan teknologi di lingkungan PTM. Saya menyambut gembira kehadiran Forum Grup Diskusi Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FGDT-PTM) se-Indonesia, semoga dapat bersinergi dalam membangun teknologi bangsa,”ujarnya.

Ditambahkan Suyatno, Forum Grup Diskusi Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FGDT-PTM) se-Indonesia ini sangat potensial mengingat jumlah program studi tehnik di lingkungan PTM cukup banyak, yaitu 37 PTM dan terdiri dari 105 program studi.

Sementara itu mantan Mendiknas dan ketua PP Muhammadiyah Malik Fadjar sangat mengapresiasi terbentuknya Forum Grup Diskusi Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FGDT-PTM) se-Indonesia. Dirinya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan FGDT-PTM yang berorientasi peningkatan saint dan teknologi di lingkungan Muhammadiyah.

“Saya berharap forum ini dapat membangun jejaring antar PTM dalam rangka memajukan teknologi di lingkungan PTM,”ujarnya.

Ditambahkannya, FGDT-PTM dapat membangun karya-karya inovasi dan kreatif dalam bidang teknologi sehingga dapat menjadi sebuah amal usaha Muhammadiyah yang berguna bagi umat dan bangsa Indonesia.

Usai memberikan tausiyah bagi kader-kader Muhammadiyah yang ada di bidang saint dan teknologi di berbagai PTM, Malik Fadjar secara resmi membuka Forum Grup Diskusi Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FGDT-PTM) se-Indonesia selama dua hari (23-24 Juli 2011).

Dalam sambutannya, Direktur Ditlitabnas Diknas, Prof. Dr. Suryo Hapsoro Tri Utomo menyatakan kebangganya kepada PTM yang mulai aktif menekui bidang saint dan teknologi di lingkungan perguruan tingginya. Dengan diadakanya Forum Grup Diskusi Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FGDT-PTM) se-Indonesia, diharapkan PTM dalam membetikan sumbangsih bagi umat dan bangsa dalam bidand saint dan teknologi.

“Saya sangat mendukung Forum Grup Diskusi Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FGDT-PTM) se-Indonesia ini. Yang penting adalah gerakan sinergis antara PTM dalam rangka membangun teknologi untuk kemaslahatan umat dan bangsa,”ujar Suryo Hapsoro.

Selain melakukan koordinasi dan acara sidang-sidang komisi serta pleno, Forum Grup Diskusi Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FGDT-PTM) mmengadakan workshop pada 24 Juli mengenai penyusunan usulan penelitian teknologi dan strategi mendapatkan hibah penelitian dengan nara sumber Dr. Najamudin Ramli dan Desmalita, M.Si.

Shared:
Shared:
1