Setelah Berikan Becak Model, MPM Fasilitasi Membentuk Koperasi Abang Becak

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 01 Oktober 2013 16:51 WIB

Yogyakarta- Setelah memodifikasi dan memberikan becak model, Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah siap memfasilitasi pendirian Koperasi Abang Becak bagi kelompok dampingan MPM yang tergabung dalam Persatuan Pengemudi Becak Jalan Ahmad Dahlan (PABELAN), serta Abang Becak dampingan LAZIS Muhammadiyah Nitikan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Hal tersebut disampaikan ketua MPM PP Muhammadiyah Said Tuhuleley dalam release yang disampaikan ke redaksi Muhammadiyah, Selasa (1/10). “Untuk ke depan, dalam rangka memperkuat organisasi Abang Becak akan didirikan Koperasi Abang Becak yang dikelola oleh Abang Becak sendiri,” jelasnya. Said Tuhuleley yang juga Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini mengungkapkan, untuk pendampingan Abang Becak, MPM PP Muhammadiyah mengarahkan program untuk dua sasaran pening, yaitu pertama, memodifikasi fisik becak sehingga menarik dan bernuansa batik khas Yogyakarta, dan kedua, melakukan penguatan kapasitas Abang Becak meliputi organisasi Abang Becak, pengetahuan agama, semangat wirasusaha, dan berbagai ketrampilan pendukung lainnya.

Launching Becak

Sebelumnya pada 26 September 2013, Majelis MPM PP Muhammadiyah melaksanakan Launching Becak Model yang dilakukan oleh mantan Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto, disaksikan pengurus MPM dan seluruh anggota dari kelompok dampingan Abang Becak. Pada kesempatan tersebut, Herry Zudianto, mantan Walikota Yogyakarta yang juga Bendahara Muhammadiyah DIY ini, meminta Abang Becak memperbaiki model pelayanan kepada para konsumen. "Abang Becak harus bergaya 'bakulan', bergaya seperti pedagang yang menjual barang. Sebagai penjual barang tentu saja keramahan kepada konsumen menjadi faktor penentu apakah dagangan akan dibeli orang atau tidak", tegas Herry Zudianto.

Herry Zudianto pada ksempatan tersebut juga secara spontan menyumbang lima buah becak kepada kelompok PABELAN. Kelompok PABELAN juga mendapat tambahan becak dari mahasiswa UMY yang berhasil meraih dana untuk Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari Kemendikbud RI. (mac)

 

Shared:
Shared:
1