UM Yogyakarta Gandeng Lazismu Ampu Mata Kuliah Manajemen Ziswat

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 12 Februari 2011 10:01 WIB

Yogyakarta- Mulai tanggal 2 Februari 2011, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggandeng Lembaga Zakat, Infaq, dan Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Yogyakarta, untuk mengampu mata kuliah Manajemen Ziswat di fakultas Agama Islam UMY.

Demikian disampaikan koordinator Lazismu Yogyakarta, Nur Sigit Nugroho melalui sambungan telepon pagi ini, Sabtu (12/02/2011). Menurut Sigit, Fakultas Agama Islam UMY telah mempercayakan pengurus Lazismu dalam mengampu mata kuliah tersebut, dikarenakan memang dianggap mampu dan mempunyai pengalaman seputar materi Manajemen Ziswat. Materi kuliahnya sendiri menurut alumnus UMY ini, terdiri mulai dari pengertian Ziswat, hingga cara menghimpun serta menyalurkan sesuai dengan syariat Islam. "Mahasiswa nantinya juga akan diajak terjun langsung ke lapangan untuk meneliti potensi Ziswat yang ada di Yogyakarta sebagai laboratoriumnya," jelasnya.

Lebih lanjut menurut Sigit, mata kuliah yang disampaikan akan diberikan sebanyak 2 sks, dengan frekuensi pertemuan sekali dalam seminggu. Untuk jumlah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut berjumlah 50 orang yang merupakan angkatan 2008.Sigit menuturkan, saat ini seluruh personel Lazismu Yogyakarta bergantian dalam mengisi kuliah Ziswat, yang diantaranya Muhammad Shaleh Farabi, Sigit Nur Nugroho, Nur wahidatul Muflikha, dan Makrus Ahmadi. (mac)

Shared:
Shared:
1