MPM Berikan Bantuan Bacak Hias Pada Kelompok Dampingannya

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 12 September 2013 17:27 WIB

Yogyakarta- Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama Bank Permata Syariah memberikan bantuan becak hias yang secara khusus didesain bagi kelompok dampingan MPM.  Dua buah becak secara simbolis diterima oleh ketua kelompok dampingan Edi Rahayu yang tergabung dalam Persatuan Pengemudi Becak Ahmad Dahlan (PABELAN) di Aula PP Muhammadiyah Jl. Ahmad Dahlan 103, Kamis (5/9).

 

Menurut ketua MPM PP Muhammadiyah Said Tuhuleley, bantuan dua buah becak tersebut diharapkan menjadi stimulus bagi kelompok dampingan PABELAN, karena selama ini para tukang becak harus menyetor uang pada pemilik becak dengan jumlah yang cukup memberatkan.  Becak bantuan MPM bersama Bank Permata Syariah tersebut dihias dengan motif batik yang dilukis pada slebor, dan joknya dilapisi kain batik yang terbungkus plastik. Lebih lanjut menurut Said Tuhuleley ke depan, MPM PP Muhammadiyah akan berusaha menambah jumlah becak dengan desain hiasan batik. “Ini (lukisan batik) bertujuan untuk menonjolkan budaya Yogyakarta, yang sangat akrab dengan batiknya. Selain itu, juga dimaksudkan untuk membuat becak lebih menarik, sehingga bisa meningkatkan pendapatan,” jelasnya.

 

Pada acara penyerahan becak yang dibungkus dengan acara Syawalan Kelompok Dampingan MPM PP Muhammadiyah tersebut, juga dihadiri kelompok dampingan lain seperti, pedagang asongan, pengrajian gula kelapa dari Desa Hargowilis, Kokap, dan pengrajin makanan kecil dari Ngoro-ngoro, Patuk, Gunung Kidul. Dalam acara tersebut juga dibagikan door prize, berupa paket beras, ditambah dengan paket makanan lain. Para kelompok binaan ini pun pada kesempatan kali ini ikut memeriahkan acara syawalan dengan membaca Al-qur`an, Mocopatan, maupun  menyanyikan lagu pop. (Zahra, mac)

Shared:
Shared:
1