UM Pare-Pare Terapkan KKN Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Pertanian

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 18 Juli 2011 22:04 WIB

Pare - Pare- Universitas Muhammadiyah Pare -pare terapkan  Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis pemberdayaan masyarakat pertanian,peternakan dan perikanan, ungkap Ketua LPM Umpar, Drs. H. Ramlan,M.Pd di kampus Umpar Jl. Ahmad Yani Pare-pare,ahad ( 17/07/2011) dan menampilkan sebagai narasumber Drs.HM.Husni Yunus,M.Pd ( Ketua MPM Muh Sulsel), Drs.Syarifuddin Yusuf,M.Si ( Rektor Umpar), Dr. Ir.Abd. Azis Ambar,MP, Prof.Dr.HM.Siri Dangnga,MS  serta sejumlah narasumber lainnya.

H.Ramlan,M.Pd, Ketua LPM UMPAR mengatakan bahwa dewasa ini program KKN terkesan sebagai formalitas saja pada bidang pengabdian masyarakat sebagai tuntutan Tridharma perguruan Tinggi, untuk melalui pembekalan ini para mahasiswa yang akan di terjunak kelokasi KKN yang ditempat di empat  kabupaten di sulsel yakni Kabupaten Enrekang, Soppeng,Sidrap dan Barru yang merupakan kabupaten berbasis pertanian akan diberikan modal dasar dalam bentuk pendidikan khusus pertanian yang tentu saja di harpkan mampu memberikan perobahan budidaya pertanian serta memberikan pendampingan langsung pada masyarakat, sehinnga diharapkan memberikan probahan pada sektor perekonomian yang lebih baik. Selain itu juga para petani akan mendapatkan pelathan pembuatan pupuk organik dengan ahan bakunya dari limbah peterakan dan limbah pasar serta limbah perikanan yang tentunya menjadi program pertanian ramah lingkungan.

Drs.Syarifuddin Yusuf, Rektor Umpar mengaharapkan program ini menjadi program yang jitu dalam menegakkan amar ma'ruf  sehingga antara kampus dan masyarakat menjadi kekuatan dalam probahan pola fikir dan prilaku masyarakat.
Husni Yunus, Ketua MPM Muhammadiyah Sulsel,mengharapkan program ini dapat menjadi program unggulan di setiap perguruan tinggi Muhammadiyah di Sulsel, karena pada kenyataannya para petani membutuhan pendampingan dari mahasiswa sebuah kekuatan ekonomi keraknyatan

Shared:
Shared:
1