Kembalikan Fungsi Masjid, LAZISMU Luncurkan Program Back to Masjid

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 16 Juli 2013 17:07 WIB

Jakarta- Sebagian besar masjid di Indonesia selama ini hanya menjadi tempat beribadah sholat berjamaah, padahal pada jaman Nabi, Masjid juga menjadi pusat aktivitas umat muslim dalam menjalankan roda ekonomi dan lainnya. Melihat hal tersebut, Lembaga Zakat Nasional Muhammadiyah LAZISMU ingin mencoba mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat aktivitas umat dengan meluncurkan program Back to Masjid.

Hal tersebut disampaikan Funrising Director LAZISMU Nanang Q el-Ghazal, saat ditemui dikantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/07/2013). “Back to Masjid adalah program kampanye dan edukasi untuk menjadikan masjid sebagai pusat pelayanan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat, yang selama ini justru semakin ditinggalkan umat,” jelasnya. Program yang sudah dimulai sejak awal Ramadhan ini menurut Nanang, saat ini tengah berlangsung di 5 masjid dan 5 kota di Indonesia, dengan berbagai program di dalamnya seperti; pengajian akbar Ramadhan, pengobatan gratis, pembagian paket nutrisi bagi warga kurang mampu, santunan paket pendidkan, sembako murah, pemberdayaan ekonomi mikro bagi masyarakat sekitar masjid.

Lebih lanjut menurut Nanang, program Back to Masjid akan berlangsung hingga akhir tahun ini, dan pada puncaknya akan diluncurkan Masjid Center (M-Center) yang akan mendukung mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat pelayanan, pembinaan, dam pemberdayaan masyarakat dalam berbagai kegiatan kreatif. “Masjid Center merupakan wadah yang dirancang menjadi pusat terpadu pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang salah satunya adalah Pusdiklat, yang nantinya berisikan materi pendidikan agama, pendidikan keluarga sakinah, pendidikan kesehatan linkungan, dan pelatihan kewirausahaan,” ungkapnya. Masjid Center pada sisi lain Nanang mengungkapkan, akan dibarengi dengan pusat permodalan usaha mikro, pelayanan kesehatan, pengelolaan zakat, dan dalam jangka panjang, akan dikembangkan menjadi unit-unit usaha yang akan memberikan manfaat bagi warga di sekitar masjid.

Shared:
Shared:
1