Milad ke 99, Momentum Optimalisasi Peran ‘Aisyiyah Dalam Pencerahan Umat

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 07 Juli 2013 20:23 WIB

Yogyakarta- Milad ‘Aisyiyah ke 99 adalah sebagai momentum mengoptimalkan peran ‘Aisyiyah dalam mencerahkan kehidupan umat dan bangsa. Kiprah ‘Aisyiyah di bumi Indonesia, merupakan kontribusi nyata dan wujud kecintaan ‘Aisyiyah dalam memajukan kehidupan dan menyelesaikan permasalahan bangsa yang cukup komplek.

Demikian disampaikan ketua umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini dalam amanatnya pada Silaturahim dan Tasyakur Milad ‘Aisyiyah ke 99 (1335 H - 1434 H) yang berpusat di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jum’at (05/07/2013). Menurut Siti Noordjannah, saat ini bangsa Indonesia masih memiliki berbagai permasalahan yang akut, yang diantaranya merupakan seputar permasalahan kemiskinan dan kesenjangan sosial, korupsi, konflik sosial, kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta kualitas kesehatan yang rendah, dan yang paling parah adalah pelemahan karakter bangsa. Dalam berbagai persoalan tersebut menurut Siti Noordjannah, ‘Aisyiyah dituntut untuk menjadi kekuatan strategis sebagai problem solver dan bukan bagian dari pembawa masalah. “Prinsip Jihad Fisabilillah harus diturunkan pada hal yang bersifat amalan praksis yang menjawab kebutuhan umat,” tegasnya. Dalam Qur’an surat An Nahl ayat 97 menurut Siti Noordjannah telah disebutkan, bahwa dalam hal beramal saleh baik laki maupun perempuan dituntut untuk melakukannya demi mendapat kehidupan yang lebih baik.

Lebih lanjut menurut Siti Noordjannah, saat ini dalam mengimplementasikan nilai-nilai Al Ma’un, ‘Aisyiyah telah mengupayakan untuk selalu bergerak ke arah praksis, dan tidak berhenti pada dataran wacana. Kiprah ‘Aisyiyah untuk umat, dapat ditunjukkan dengan perkembangan amal usaha yang berjumlah lebih dari tiga belas ribu, baik yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial. Pada saat yang sama ‘Aisyiyah juga melakukan penguatan dan peneguhan spiritualitas yang salah satunya melalui media pengajian, serta penguatan nilai-nilai kehidupan yang berbasis pada keluarga Sakinah dan Qoryah Thoyyibah. Selain ketua umum PP ‘Aisyiyah, pada acara tersebut juga dihahadiri ketua PWM DIY Agus Taufiqqurrahman, ketua PWA  DIY, penasehat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Amien Rais yang sekaligus memberikan Tausyiah pada ribuaan jama’ah dan kader ‘Aisyiyah dari Daerah Istimewa Yogyakarta.  

Shared:
Shared:
1