IMM FK UMM Bagi-Bagi Masker Gratis dalam Rangka Memperingati HTTS

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 06 Juni 2013 18:48 WIB

Malang - Dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan beberapa kegiatan, diantaranya adalah penandatanganan pakta untuk penerapan KTR (Kawasan Tanpa Rokok) pada 31 Mei 2013 di Kampus II UMM dan aksi pembagian masker gratis, stiker, dan brosur tentang bahaya rokok di poros jalan wilayah kampus 2 dan 3 UMM pada (2/6/ 2013).

“Tema kegiatan kali ini adalah ‘Udara Bersih adalah Hak Asasi Manusia, Rokok Hanya Hak Pribadi’. Tema ini diangkat sebagai bentuk kepedulian terhadap para perokok pasif yang kerap dirugikan oleh perokok aktif,” jelas Seno Arif, ketua pelaksana kegiatan HTTS.

Penandatangan pakta tentang kawasan tanpa rokok mendapatkan dukungan yang luar biasa dari mahasiswa di FK UMM, sehingga pada tanggal (31/5/2013), kampus 2 UMM dinyatakan sebagai wilayah bebas asap rokok. Sedangkan pembagian masker gratis, stiker HTTS dan brosur tentang bahaya rokok ditargetkan kepada kaum perempuan, remaja dan anak-anak.

“Mahasiswa dianggap oleh masyarakat sebagai kaum intelektual yang mampu memberi pengaruh besar dalam memberikan pengarahan dan penyuluhan terhadap masyarakat, terutama generasi muda tentang dampak negarif dari merokok.”

Harapan selanjutnya adalah penerapan KTR (Kawasan Tanpa Rokok) ini tidak hanya berlangsung pada peringatan HTTS saja, akan tetapi juga akan terus berlanjut setiap harinya, dan tidak hanya diterapkan di fakultas kedokteran melainkan juga di seluruh area kampus 1,2 dan 3 UMM. Hal ini juga telah dijelaskan dalam buku pedoman kawasan tanpa rokok di lingkungan Muhammadiyah yang dikeluarkan oleh MPKU PP Muhammadiyah

Selain IMM,  pada Minggu, 2 Juni 2013, BEM FK UMM bekerja sama dengan BEM FK di kota Malang juga mengadakan acara gerak jalan dan membuka stand kesehatan di CFD (Car Free Day) Ijen dalam rangka memperingati HTTS. [mona]

 

Shared:
Shared:
1