Media Centre Meningkatkan Peran Dakwah Muhammadiyah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 13 Mei 2013 16:43 WIB

 

Tantangan dakwah yang  semakin kompleks saat ini, tidak mungkin lagi dilakukan dengan cara-cara konvensional tradisional. Kebebasan pers dan banyaknya media membuat arus informasi begitu deras, membuat masyarakat sulit memilah dan  menyaring serbuan informasi. Keberadaan Media Center bagi organisasi sebesar Muhammadiyah tentu sebuah tuntutan.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Din Syamsuddin menganggap Media Center sebagai lembaga strategis dalam mempublikasikan berbagai peran dakwah yang dilakukan Muhammadiyah. Selain mempublikasikan segala bentuk kegiatan persyarikatan, Media Center pun ke depannya akan menjadi pusat pengolahan isu-isu publik yang keluar dari Muhammadiyah.

Perannya yang sangat strategis, menjadikan Media Center bukan hanya sebagai sarana publikasi kegiatan Muhammadiyah, juga akan secara aktif merespon berbagai isu yang berkembang di kalangan publik untuk kemudian ditanggapi melalui berbagai komentar dan riset yang dilakukan secara internal. Dengan demikian, Muhammadiyah tidak hanya mengikuti isu publik tetapi juga justru menciptakan isu untuk kemaslahatan ummat. Oleh karena itu, bersamaan kehadiran Media Center, juga dibentuk suatu wadah komunikasi bagi insan media yang disebut IJF, singkatan Indonesia Journalist Forum. IJF kita harapkan dapat mengupas berbagai permasalahan bangsa dengan memberi solusi untuk “Meluruskan Kiblat Bangsa.”

Sedangkan secara teknis, ruang Media Center merupakan kantor yang sifatnya terbuka untuk seluruh kader dan jurnalis yang akan mencari informasi, menulis berita dan hal-hal yang terkait dengan pemberitaan. Setiap orang dapat memanfaatkan ruang ini sebagai sarana yang lebih positif untuk kemaslahatan ummat. Berbagai fasilitas yang di antaranya merupakan bantuan dari Menteri Komunikasi dan InformatikaRI ini diharapkan dapat dimanfaatkan secarabersama.

Dengan demikian, Media Center sesungguhnya hadir untuk menjadi jembatan kerjasama yang lebih produktif lagi antara Muhammadiyah dan seluruh elemen media massa yang ada. Dengan kerjasama ini diharapkan kehadiran Media Center lebih mempermudah kerja media dalam mencari konten tentang Muhammadiyah, sehingga terbangun kerjasama yang saling menguntungkan.

Sedangkan salah satu bentuk keseriusan kami dalam pengelolaan Media Center, kami pada hari ini Senin, 13 Mei 2013 melakukan peresmian keberadaan Media Center dan Indonesia Journalist Forum (IJF) yang langsung dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika beserta Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Momentum ini diharapkan dapat menjadi awal yang lebih baik dalam membangun syiar dakwah Muhammadiyah kepada ummat tanpa kecuali.  (press release)

Shared:
Shared:
1