Teater Sisi UM Sumatera Utara Tour Empat Kota

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 14 Februari 2013 04:45 WIB

 

Medan, 12 Februari 2013 -- Teater Sisi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengadakan tour empat kota se Sumut dengan membawakan naskah berjudul INSAID yang ditulis dan disutradarai Arief Sinaga. "Tour dimulai sejak 12-17 Febuari 2013 dari kota Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Binjai dan terakhir Medan," kata Arief Sinaga, baru-baru ini. Dia menjelaskan, di Tanjung Balai pementasan digelar di Gedung Darmawanita.

 

Pementasan ini dihadiri seniman kota Tanjung Balai yang memberikan apresiasi cukup besar kepada Teater Sisi karena telah memberikan wajah baru tentang seni pertunjukan teater yang berhasil menggabungkan empat gendre di dalam naskah dan pementasannya yakni surealis, ekspresionisme, transendentalisme, dan religiusme di kota Tanjung Balai yang pada umumnya lebih sering menampilkan teater dengan gendre komedi dan realis. Pementasan mendapat tanggapan yang baik dari para penonton yang hadir.

 

Hal ini diketahui saat diskusi karya setelah pementasan selesai. Banyak tanggapan dan komentar positif yang diberikan. "Teater Sisi sangat memberi kesan yang baik dan mampu memberi pencerahan pada pemain teater yang ada di tanjung balai. 

Kecerdasan sutradara Arif Sinaga dalam mengkonsep naskah dan pementasan yang ditampilkan mampu menandingi kecerdasan Albert Einstein. Jika boleh dikatakan, Teater Sisi merupakan Albert Einstein nya Sumatera Utara,"ujar salah seorang dari kelompok Aliansi pelajar Tanjung Balai. 

 

Anggota Baru

 

Arief menambahkan, hal yang cukup mengejutkan pertunjukan Teater Sisi ini diisi anggota baru yang notabene juga baru pertama kali mementaskan pertunjukan teater di panggung besar seperti ini. Nama-nama baru itu diisi Maisarah, Umi Arifah, dan Eka Indrawati yang berperan sebagai koor wanita serta Dipta Pramana yang berperan sebagai salah satu koor pria. Kesuksesan ini tidak lepas dari peran Pimpinan produksi "Wike Permata Kasih", Sutradara dan penata musik "Arief Sinaga", penata kostum dan Design "Muliani", penata lighting "Rifki Arnold", penata make up "Ira Maya Sari", publikasi "Bani Adam", penata artistik "Satria Ayudha", dan para pemain lainnya, "Zuhaidi Syafwan (Nizam), Bani Adam (Jarot), Ayu Nadira (Wanita tua), Ilham Prasetyo (koor pria), Ayu Rahayu (Koor wanita), Fitri Ramadhani (koor wanita), Fajar Azhari (koor pria).

 

Rektor UMSU, Drs Agussani MAP saat ditemui di kantornya berharap agar kesuksesan penampilan Teater Sisi di Tanjung Balai bisa berlanjut ke pertunjukan-pertunjukan berikutnya yang akan diadakan di kota Tebing Tinggi Senin (11/2) di Gedung Balai Kartini. Dilanjutkan di Binjai, Kamis (14/2) di Gedung Patar Hall dan terakhir di Kota Medan, Minggu (17/2) di Taman Budaya Medan. ***maf-ans/mpisu

Shared:
Shared:
1