Arsip Nasional RI Siap Bantu Muhammadiyah Dalam Kerjasama Pengelolaan Arsip

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 13 Februari 2013 18:11 WIB

Yogyakarta – Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) kembali melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Selasa (12/2/2013). Acara ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama ANRI dan PP Muhammadiyah di Jakarta pada (18/11/2012) yang lalu yang diwakili oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Din Syamsuddin dan Kepala ANRI, Ashikin, SH.

Sementara itu Pendatanganan MoU dengan ANRI selasa kemarin diwakili oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Dr. Agung Danarto dengan Sekretaris Utama ANRI. Muhammadiyah yang sudah berusia 1 Abad, atau 103 tahun ini tentu memiliki banyak sekali arsip-arsip yang kuno dan memiliki rentan usia yang lama. Muhammadiyah pasti sudah memiliki rekam jejak yang sangat banyak dan baik, yang sebagiannya sudah berguna untuk bangsa dan Negara. Sehingga ANRI membantu Muhammadiyah untuk menata dan mengumpulkan arsip-arsip ini agar berguna serta bermanfaat bagi Umat, bangsa dan Negara pada umumnya.

“Saya selaku pimpinan ANRI mengucapkan terima kasih kepada PP Muhammadiyah, sudah mau bekerjasama dengan kami. Kami selaku pengelola arsip ingin bekerjasama dengan ormas dalam pengelolaan arsip. Muhammadiyah sebagai ormas yang besar dan fokus pada pelayanan masyarakat sosial dan pendidikan,” ujar Ashikin,SH yang juga alumni Ikatan Pelajar Muhammadiyah ini.

Ruang lingkup perjanjian kerjasama ini meliputi pembinaan kearsipan, dan sistim pengelolaan arsip dengan sistem teknologi informasi dan komunikasi, akusisi arsip untuk kemaslahatan bangsa. Pembinaan arsip dan sistim pengelolaan arsip diarahkan pada peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang kearsipan. “Kami akan membantu pengembangan kearsipan untuk PP Muhammadiyah dan PW Muhammadiyah. Dan kita punya lembaga kearsipan di Propinsi. Pengembangan system informasi kearsipan penyusunan pedoman kearsipan dan pembentukan arsip di perguruan tinggi Muhammadiyah” tambahnya.

Selain itu diadakan pameran arsip di lobby kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Jalan Cik Ditiro 24 dan bedah buku berjudul Muhammadiyah Di Hadapan Saksi Sejarah terbitan Majelis Pustaka Informasi PP Muhammadiyah, Cetakan Pertama Februari 2012. 

Shared:
Shared:
1