Dahlan Rais: Tumbuhkan Karakter Angkatan Muda Lewat Budaya Organisasi dan Persyarikatan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 16 Desember 2012 13:56 WIB

Malang – Pembukaan Muktamar Tapak Suci ke XIV selain dihadiri oleh Rektor UMM, Gubernur Jawa Timur, Ketua PWM Jawa Timur, juga dihadiri oleh PP Muhammadiyah, kemarin (15/12/2012). Dalam kesempatan yang sama hadir Ketua PP Muhammadiyah, Drs. H. Dahlan Rais, M. Hum. Dalam sambutannya beliau menyampaikan PP Muhammadiyah merasa bersyukur dan bergembira bahwa Pimpinan Pusat Tapak Suci dapat menyelenggarakan Muktamarnya saat ini setelah ortom-ortom yang lain mendahului,  Tapak Suci kali menyelenggarakan Muktamarnya. Ortom khusus Muhammadiyah yakni ‘Aisyiyah, ortom umum, ada Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, IMM, IPM, Hizbul Wathan dan Tapak Suci adalah persemaian kader, yang diharapkan pada nantinya dapat memperkuat dakwah Muhammadiyah, dan dapat menjadi kader-kader pilihan di Persyarikatan Muhammadiyah.

Sebagai Ketua PP Muhammadiyah bidang pembinaan Angkatan Muda dan Ortom, Dahlan menambahkan bahwa Muhammadiyah melihat bahwa proses regenerasi baik di kalangan Muhammadiyah maupun di kalangan ortom merupakan satu bagian yang amat penting. Persyarikatan Muhammadiyah sudah barang tentu merasa gembira ada alumni IPM ada alumni IMM, tapi pada sisi lain Muhammadiyah berpendapat setelah terjadi proses perkaderan di ortom-ortom Muhammadiyah akhirnya mereka itu akan kemudian berlabuh di persyarikatan Muhammadiyah itu sendiri.

Bahwa kita melihat secara factual, Tapak Suci salah satu ortom yang mampu menembus sekat dan golongan. Bahwa Tapak Suci Putera Muhammadiyah tidak hanya eksis di level nasional, namun sudah mendunia.

Dahlan Rais berpesan, Tapak suci harus menamkan jiwa ksatria dan jiwa perwira. Membina masyarakat khususnya angkatan muda, salah satu diantaranya, bagaimana menumbuhkan karakter lewat budaya organisasi, lewat budaya persyarikatan. Insya Allah nilai-nilai unggul itu dimulai dan tertanamkan di persyarikatan Muhammadiyah.

Dahlan Rais selain menyampaikan amanah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, sekaligus Membuka secara resmi Muktamar Tapak Suci ke XIV yang berlangsung sejak 14 – 16 Desember 2012. (Dzar)

Shared:
Shared:
1