Jelaskan Bakteri E Colli, Menkes Sambangi UHAMKA

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 06 Juni 2011 16:07 WIB

(Jakarta, 6/6/11). Badan Eksektufi Mahasiswa FIKES UHAMKA menggelar Seminar  Nasional yang bertajuk “Telaah Kritis Pencapaian MDG’S 2015 di Indonesia dalam Penanggulangan Masalah Lingkungan”. Acara yang diikuti oleh sekitar 250 mahasiswa FIKES  berlangsung di Auditorium UHAMKA, Jl. Limau II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Hadir sebagai keynote Speaker dalam Seminar itu,  Menteri Kesehatan RI, Dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH.  Beliau menyampaikan topik  berjudul “ Peran Serta Pemerintah dan Masyarakat Dalam Penyehatan Lingkungan di Indonesia”.

Disela-sela pemaparannya, Beliau juga menyampaikan tanggapan tentang kasus yang baru-baru ini yaitu tentang bakteri  E Colli  yang baru yang dijumpai di Eropa. Di Indonesia boleh saja kita mewaspadai  e colli yang baru, tapi E Colli yang lama saja masih ada.  Jadi Perilaku Hidup Sehat nya harus ditingkatkan.  Yang penting, kita  tidak usah secara tidak proporsional mengkhawatirkan E colli. Kita lakukan saja PHS yang seperti biasa.

Dalam paparannya Menkes menyampaikan bahwa Tantangan Kesehatan Lingkungan begitu luas dan kompleks.

Menkes RI  juga menawarkan, bahwa di Kemenkes ada dana yang dapat digunakan oleh para mahasiswa  untuk kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengajukan proposal yang sesuai dengan ketentuan. Banyak mahasiswa dari UIN maupun Universitas Muhammadiyah telah memanfaatkan dana tersebut.

Menkes menginformasikan bahwa Jamkesmas ,sekitar  76,4juta penduduk Indonesia yang namanya sudah tercatat kalau sakit dan masuk rumah sakit tidak usah bayar, karena Pemerintah yang akan membayar.

Tahun ini Pemerintah akan mengusahakan, kalau ada yang sakit baik kaya maupun miskin, kalau di Ruang Perawatan Kelas III, maka dia akan dibayari oleh Pemerintah.

Saat ini Pemerintah sedang meluncurkan program Jampersa  yaitu  Jaminan Persalinan. Tidak perduli kaya atau miskin, kalau Anda  hamil, dan memeriksakan diri di puskesmas, periksa hamil  4 kali dan periksa nifas 3 kali, dan KB, gratis.

Seminar hari ini juga mengundang para pembicara lain antara lain Drs. Muchlis Adenan, M.Sc. (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia)  dengan topik yang berjudul  “Peran Praktisi Kesehatan Lingkungan Dalam Menangani Masalah Kesehatan Lingkungan & Penyakit disebabkan Kerusakan Lingkungan”.

Dr. Budi Haryanto, SKM, MKM, MSc. (Kepala Departemen Kesehatan Lingkungan UI) dengan topik “Pengaruh Pencemaran Udara terhadap Kesehatan Individual Dalam Rangka Pencapaian Produktifitas”.

Dr. H. Arif Sumantri, M.Kes. (Dosen UIN) menyampaikan topic “ Kesalehan Lingkungan Demi Terciptanya Keseimbangan Ekosistem Alam”.

Chairuddin Hasyim, SKM, M. Si (Asisten Deputi Penguatan Insiatif Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup  menyampaikan topic berjudul “ Dampak Penyalahgunaan SDA terhadap Lingkungan Hidup di Indonesia”.

Shared:
Shared:
1