Tingkatkan Kapasitas, HW Gembleng Kadernya di Pantai Selatan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 27 November 2012 16:15 WIB

Bantul- Bertempat di Pantai Selatan Kabupaten Bantul Yogyakarta, Gerakan Kepanduan Hizbul wathan Kwarcab Sanden menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Kader Angkatan ke 3 bagi calon anggota kepanduan Hizbul Wathan di Kwartir Cabang  Sanden. Kegiatan Dikder ini diikuti oleh sekitar 40 calon anggota HW yang berasal dari berbagai latar belakang dan usia. Peserta  terdiri mulai dari tingkatan sekolah SMP sampai  ada yang baru lulus sarjana. Sesuai dengan dasar Kepanduan Hizbul wathan dimana pendidikan hizbul wathan merupakan pendididkan bagi anak muda, remaja dan dewasa diluar sekolah dan rumah , HW Kwarcab  Sanden yang sudah dirintis sejak tahun 2002 ini menerapkan pendidikan khusus bagi anggota yang akan masuk . Semua anggota baru harus melewati pendidikan dasar selama minimal 2 hari dan harus mengikuti semua materi dasar yang di berikan.

Materi dasar dan wajib yang harus di terima peserta pendidikan kader hizbul wathan di Kwarcab Sanden meliputi :

1.Kemuhamadiyahan, 2 . Dasar Kepanduan Hizbul Wathan, 3. Materii survival 4. Materi Dasar P3K 5. Pengenalan Hewan berbisa Ular dan Melakukan Pengembaraan minimal setengah hari.

Untuk Materi  pengenalan dasar –dasar P3K dikder ke -3 ini disampaikan oleh tim MDMC  ( Muhammadiyah Disaster Management  Center ) PKU Muhammadiyah Bantul dan  Untuk Materi Survival dan SAR laut di berikan oleh TNI AL Pangkalan Laut Selatan Kabupaten Bantul.

Pendidikan Kader  angkatan ke -3 ini juga disebut angkatan Rawa Laut karena lokasi pendidikan berada di pantai selatan dan wilayah Hutan Mangrove pantai selatan Kabupaten Bantul. Selama 2 hari peserta sangat antusias dan menjalani kegiatan dengan semangat walau sempat terganggu hujan deras  diawal kegiatan. Setelah melewati semua materi pendidikan ini peserta kemudian di lantik dengan pemakaian hasduk atau setangan leher Hizbul wathan.

Shared:
Shared:
1