Konsolidasi Demokrasi Multikultural Melalui WPF-4

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 22 November 2012 21:47 WIB

 

Bogor – Pimpinan Pusat Muhammadiyah kali keempatnya akan menggelar gelaran Internasional yakni World Peace Forum IV (WPF) yang akan digelar selama empat hari, 23-26 November 2012. Rencananya, WPF-4 bakal dilaksanakan di Hotel Novotel Bogor, Jawa Barat. Acara ini akan dihadiri 50 tokoh dunia dari 21 negara. Serta direncanakan pula Presiden RI Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono akan memberikan pidato pada acara puncak.

WPF 4 sendiri diselenggarakan oleh Muhammadiyah yang bekerja sama dengan Cheng Ho Multi Culture Trust and Centre For Dialog and Corporation among Civilitation (CDC). Acara ini bertema Consolidating Multicultural Democracy.

Forum Internasional dua tahunan ini pertama kali digelar di Jakarta pada 14-16 Agustus 2006 dengan tema One Humanity, One Destiny, One Responsibility. Sesuai dengan rekomendasi WPF-1, One Humanity, One Destiny, One Responsibility dijadikan sebagai tema tetap WPF.

Tujuan dari ajang ini digelar adalah mengembangkan dialog terbuka masalah identitas, multikulturalisme, dan demokrasi dari berbagai kalangan. Selain itu forum ini juga akan merumuskan pengejawantahan konsep One Humanity, One Destiny, One Responsibility sebagai filosofi dasar multikulturalisme.

"WPF-4 2012 kali ini menekankan pada pentingnya konsolidasi demokrasi multikultural," ujar Din kepada redaksi www.muhammadiyah.or.id, Kamis (22/11).

Dari 150 tokoh yang jadwalkan bakal hadir, sebanyak 48 tokoh dari 21 negara akan dipastikan mengikuti. Even ini, kata Din, mampu mempertemukan tokoh-tokoh dari berbagai kalangan. Sehingga level pertemuan sebagai wadah lintas perdamaian dengan pola pendekatan dari sisi pemegang kebijakan, rohaniwan, pebisnis, hingga media.

Shared:
Shared:
1