Din Syamsuddin: Saya Bangga Atas Prestasi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 06 November 2012 22:11 WIB

 

Jakarta –  Rizki Indra Pratama, Haikal Virgiawan Zaky dan Afif Septianto merupakan siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang berhasil menjadi Pemenang kategori pelajar dalam kontes robot terbang atau pesawat tanpa awak, Indonesia Aerial Robot Contest (IARC) 2012 di Lanud Sulaeman, Bandung, (4/11).

Kontes robot terbang atau pesawat tanpa awak Indonesia Aerial Robot Contest (IARC) Institut Teknologi Bandung (ITB) 2012 menampilkan berbagai jenis pesawat replika dari pesawat besar, misalnya Cessna.  Cessna tanpa awak ala siswa SMA Muhammadiyah ini terdiri dari berbagai komponen. Gabus sebagai struktur pesawat, mesin utama elektrik (motor brushless), pengontrol kecepatan motor brushless(ESC), servo untuk menggerakan bagian airframe dan manuver, remote kontrol dan mesin penerima data dari transmiter/remote kontrol (receiver), propeller atau baling-baling, serta roda. Cessna tanpa awak SMA Muhammadiyah memiliki warna sayap merah dengan tubuh putih. Bentang sayap Cessna ini 165 cm dengan panjang tubuh 80 cm. Sedangkan berat bersihnya hanya setengah kilogram (625 gram). Dalam misi di IARC, Cessna “seri” Unmanned Aerial Vehicle (UAV) ini harus mengemban misi membawa barang, yakni beras seberat 375 gram. Beras harus diturunkan di titik tertentu sebagaimana aturan kontes.

Setelah mendapat Juara 1 kontes Robot tanpa awak, kali ini siswa SMA Muhammadiyah menunjukan kebolehannya di depan umum. Dalam aksinya, pesawat tanpa awak dengan konsep desain Cessna 208 Grand Caravan itu memiliki sedikit kendala saat terbang, tetapi akhirnya bisa diterbangkan dengan remote control. Tim SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo lalu menyambangi kantor PP Muhammadiyah di Jakarta selasa siang tadi (6/11/2012). Dan diterima langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Din Syamsuddin da Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Danik Eka Rahmaningtyas.

Din sangat mengapreasiasi prestasi yang diraih anak-anak Perguruan Muhammadiyah."Saya bangga dari SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo atas prestasi sebagai pemenang di kontes robot udara yang diselenggarakan ITB," ujar Din. Tidak hanya itu,  Din juga memberikan beasiswa senilai 5 juta rupiah kepada ketiga siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo tersebut.

Menurut Ketua Umum PP IPM, Danik, keberhasilan adik-adik kami dari SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo ini merupakan bentuk kreatifitas anak bangsa yang perlu dan harus kita dukung terus. Danik mengajak seluruh pelajar Indonesia khususnya pelajar Muhammadiyah agar senantiasa kreatif dalam hal positif seperti pelajar SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo ini, agar pengembangan karakter pelajar Indonesia semakin lebih baik dan Islami. (dzar)

Shared:
Shared:
1