RS PKU Muhammadiyah Jogja Bersafari Bagikan Hewan Qurban

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 30 Oktober 2012 07:20 WIB

 

Yogyakarta- Hari kedua dan ketiga Idul Adha ini, sebagaimana  tahun-tahun sebelumnya, RS PKU Muhammadiyah Jogja selalu semarak dalam menyambut ibadah Qurban. Demikian pula yang diadakan pada tahun ini. Sebanyak sembilan lembu dan dua puluh dua kambing dipotong dan didistribusikan ke sekitar 780 pihak yang berhak dan membutuhkan. Juga sama dengan tahun-tahun yang lalu, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada hari ke-dua dengan mengambil lokasi di RS PKU Jogja unit II Jl. Wates Km 5,5 Gamping Yogyakarta.

 

Selain itu, sehari sebelumnya yaitu tepat pada hari pertama Idul Adha, RS PKU Jogja juga melakukan safari bakti sosial ke berbagai wilayah dengan menyerahkan hewan qurban kepada masyarakat setempat. Ada enam desa yang dikunjungi dan mendapatkan hewan qurban berupa sapi dan kambing yaitu : desa Bligo Muntilan, Ngluwar Muntilan, Panggang Gunungkidul, Temuwuh Kidul, Kokap Kulon Progo, dan Pajangan Bantul. ‘’Itu merupakan bentuk nyata hubungan yang erat antara RS PKU Jogja dengan masyarakat luas,’’ begitu jelas Prawoto, ketua panitia qurban RS PKU Jogja, Senin (29/10/2012). ‘’Pemberian hewan qurban kepada masyarakat tersebut juga merupakan agenda rutin yang sudah berjalan sejak tahun-tahun sebelumnya dan terus akan dilakukan pada tahun-tahun mendatang,’’ begitu tambahnya lagi.

Sementara itu direktur pelayanan medis RS PKU Jogja, dokter Joko Murdiyanto yang turut hadir dalam acara itu menambahkan bahwa kebersamaan dan keakraban akan terbentuk dengan melakukan kegiatan ibadah qurban ini, baik antar sesama pegawai RS PKU Jogja maupun masyarakat luas.

Acara penyembelihan hewan qurban yang dimulai pagi jam delapan dan berakhir menjelang sore waktu ashar itu diakhiri dengan pendistribusian daging qurban kepada abang becak, tukang parkir, pedagang kaki lima, buruh harian, dan masyarakat sekitar RS PKU Jogja, baik yang di pusat kota Jogja, maupun di unit II Gamping Yogyakarta. 

Shared:
Shared:
1