Upaya Muhammadiyah Lamongan Cegah Penyebaran Covid-19

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 04 April 2020 09:49 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, LAMONGAN - Sejak 21 Maret 2020, Lazismu Lamongan yang bersinergi bersama MDMC, AMM, dan Kokam Pemuda Muhammadiyah yang tergabung dalam MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center) PDM Lamongan terus melakukan upaya pencegahan wabah virus covid-19 dengan penyemprotan desinfektan di sejumlah wilayah di Kabupaten Lamongan.

Penyemprotan disinfektan menyasar rumah ibadah seperti masjid, sekolah, kantor, dan fasilitas publik lainnya. Laporan per hari Jumat, (3/4) tercatat sudah ada 376 masjid, 253 sekolah, 174 kantor dan 20 fasum lain yang  sudah dilakukan penyemprotan disinfektan.

"Sesuai laporan data di lapangan, sudah ada 823 titik yang kita lakukan penyemprotan disinfektan, dan beberapa kedepan bisa jadi bertambah sebab para relawan masih turun untuk membantu masyarakat,"ungkap Irvan Shaifullah, Manajer Lazismu Lamongan saat melakukan penyemprotan disinfektan di Modo, Jumat (3/4).

"Kita berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung dan membantu pemerintah dalam memutuskan rantai penyebaran Covid-19 ini, juga memikirkan dampak ekonomi bagi masyarakat yang tetap bekerja menyambung hidup ditengah pandemi ini,"sambungnya.

Irvan menambah bahwa Lazismu Lamongan dan tim MCCC PDM Lamongan sedang menyiapkan 500 paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak kebijakan pembatasan wilayah, "Kami mengajak kepada para agniya' dan para dermawan sekalian, untuk saling tolong menolong dalam situasi ini, semoga Allah menolong kita semua,"pungkasnya.

Sementara itu, Afan Alfian, sekretaris LPB sekaligus sekretaris MCCC PDM Lamongan mengungkapkan bahwa selain penyemprotan disinfektan, ada beberapa program yang akan menjadi program prioritas kedepan. "Lamongan per hari ini sudah masuk zona merah, dengan 10 orang dinyatakan positif covid 19 oleh pemerintah, " ungkapnya.

Tentu, hal ini akan membuat kita lebih waspada dan melakukan berbagai upaya kedepan. "Selain pembagian sembako, akan ada sosialisasi dan pembagian Handsanitizer dan Handsoap kepada masjid dan faskes yang digawangi oleh NA bersama AMM lain, termasuk Aisyiyah, IPM, HW, Pemuda, TS dalam upaya kampanye Germas PHBS , pengayaan konten digital, juga program yang sifatnya sinergi bersama pemerintah daerah,"ungkapnya.

Untuk berdonasi, anda bisa kirimkan bantuan berupa uang atau sembako yang dapat dikirimkan langsung ke kantor Lazismu Lamongan di Jl Lamongrejo no 109, atau bisa melalui rekening Lazismu Lamongan di Bank Syariah Mandiri (7117286918), Bank Muamalat ( 7720005050) dan Bank Jatim Syariah ( 6222688881) an Lazismu Lamongan. Atau juga bisa menghubungi layanan di 085606821440.

Shared:
Shared:
1