Sinergitas PCIM Hadang Penyebaran Covid-19

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 01 April 2020 15:18 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, TAIWAN – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melalui Direktur Jenderal, Tedros Ahdanom Ghebreyesus pun secara resmi mengumumkan Virus Corona (Covid-19) sebagai pandemi, sejak Rabu 11 Maret 2020. WHO menyatakan Covid-19 sebagai pandemi karena penyakit menular ini tersebar dengan mudah diberbagai tempat di seluruh dunia.

Mewabahnya Virus Corona (Covid-19) yang hampir merata di seluruh dunia membuat semua pihak terus bergerak bersama demi mengupayakan penanganan dan pencegahannya. Hal itu yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan melalui forum dan gerakan “Muhammadiyah dan Corona: Belajar dari Pengalaman Dunia” bersama beberapa PCIM lain diantaranya PCIM Jepang, PCIM India, PCIM Malaysia, PCIM Korea Selatan, PCIM Prancis, PCIM Inggris, PCIM Tiongkok, PCIM Amerika Serikat.

Andi Azhar, Ketua PCIM Taiwan menjelaskan alasan diadakannya forum tersebut untuk mengetahui secara pasti bagaimana kondisi di masing-masing negara yang terdapat PCIM nya tentang bagaimana dampak Virus Corona.

“Kita ingin sharing bagaimana negara-negara tersebut menangani  wabah Virus Corona. Tentu tiap negara memiliki strateginya masing-masing. Ada yg sudah sukses seperti Korsel, Taiwan, dan Cina, ada jg yg msh kewalahan seperti US dan Inggris,” kata Andi Azhar dalam keteranganya pada Selasa (31/3). 

Oleh karena itu, kata Andi melalui forum “Muhammadiyah dan Corona: Belajar dari Pengalaman Dunia” bisa dijadikan sebagai sarana belajar dan mengetahui secara langsung dari sudut pandang Warga Negar Indonesia (WNI) dan utamanya Warga Muhammadiyah yang tinggal di negara tersebut.

Lebih jauh Andi Azhar berharap para kader Muhammadiyah yang berada di luar negeri bisa ikut terlibat dalam penanganan dan pencegahan dengan strateginya masing-masing. Misalnya di PCIM Taiwan yang sejak Januari 2020 lalu sudah membagikan puluhan ribu masker kepada WNI di Taiwan dan mengedukasi TKI di Taiwan terkkait bagaimana perlindungan diri terhadap Virus Corona.

“PCIM Taiwan melalui Majelis Tarjih juga sudah mengeluarkan Fatwa untuk meniadakan shalat Jum’at dan sholat jamaah di Masjid atau Mushola di Taiwan. Fatawa ini selaras dengan himbauan pemerintah Taiwan serta Mejelis Ulama Taiwan. Selain itu melalui forum PCIM ini kami akan menggalang donasi, “ jelasnya.

Pihaknya melalui PCIM terus memantau kondisi terkini dampak Virus Corona yang terjadi di Indonesia. PCIM juga berharap pemerintah tidak segan untuk belajar sukses menghadapi wabah Virus Corona. (Andi)

Shared:
Shared:
1