Tingkatkan Kapasitas, MPM Bekali Materi Pelayanan dan Bahasa Inggris Pada Tukang Becak

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 25 Oktober 2012 09:14 WIB

 

Yogyakarta- Puluhan abang becak yang tergabung dalam Perkumpulan Tukang Becak Seputar Ahmad Dahlan (Pabelan) dibawah binaan Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Rabu (24/10/2012) kemarin mendatangi gedung PP Muhammadiyah Jl. KH Ahmad Dahlan No.103 Yogyakarta untuk mendapat materi mengenai pelayanan dan juga bahasa Inggris pengantar sebagai bekal meningkatkan performa pekerjaan.

Menurut salah satu fasilitator MPM PP Muhammadiyah yang khusus membidangi abang becak Jamaluddin Hakim, materi yang diberikan pada para abang becak merupakan bagian dari komitmen MPM PP Muhammadiyah untuk dapat bersama-sama membina dan meningkatkan kapasitas para abang becak yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan yang mereka peroleh. “Dengan ikon kota Yogyakarta yang merupakan kota wisata, tentu interaksi antara moda transportasi seperti becak dengan sejumlah wisatawan baik local maupun asing juga akan selalu terjadi. Materi pelayanan dan juga bahasa Inggris dasar adalah sebagai alat penunjang bagi para abang becak untuk dapat berkomunikasi secara lancer dan nyaman, karena kebanyakan permasalahan dengan para wisatawan selama ini adalah komunikasi yang nyaman termasuk dalam tawar menawar ongkos,” jelasnya.

Sementara itu pada sisi lain Jamaluddin juga menyebutkan peningkatan performa pelayanan abang becak pada akhirnya juga akan membuat para wisatawan akan lebih nyaman dan memilih becak sebagai sarana transportasi mereka. “Kita banyak melihat ikon-ikon transportasi tradisional seperti tuk-tuk di Thailand atau becak yang ditarik manusia di China, mengapa tidak Yogyakarta pada akhirnya mempunyai ikon yang akan selalu melekat dihati para wisatawan yaitu becak,” tegasnya. 

Shared:
Shared:
1