UMY Rilis Jurnal Mahasiswa Komunikasi Pertama di Indonesia

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 16 Maret 2020 14:11 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, BANTUL - Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merilis jurnal Audiens, di kampus terpadu UMY Kamis (12/3). Berbeda dengan jurnal-jurnal yang ada sebelumnya, jurnal Audiens dikhususkan untuk mahasiswa.

Pada umumnya karya skripsi atau bagian dari skripsi yang ditulis ulang dalam format artikel jurnal hanya dipublikasikan di repository yang tidak ada proses review. Di Jurnal Audiens, semua karya artikel yang masuk (submit) harus mengikuti mekanisme review. “Proses review yang dialami oleh mahasiswa saat mengirimkan artikel adalah bagian dari usaha menumbuhkan atmosfer akademik di kampus, sekaligus mendorong semakin banyaknya publikasi,” terang Fajar.

Sebelumnya, program studi Ilmu Komunikasi UMY secara rutin menerbitkan Jurnal Komunikator yang telah terakreditasi dan berbahasa Inggris. “Jurnal Audiens memang difokuskan untuk mewadahi mahasiswa dalam publikasi ilmiah,” jelas Fajar Junaedi, editor in chief Jurnal Audiens. “Artikel yang ada di jurnal ini berasal dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY dan kampus-kampus lain,” tambah Fajar.

Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (APIK PTMA) menjadi mitra dalam publikasi ini. Reviewer jurnal berasal dari berbagai program studi yang tergabung dalam APIK PTMA. Melalui publikasi ini, diharapkan agar semakin banyak karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY yang terpublikasikan di jurnal. “Penerbitan jurnal Audiens adalah implementasi dari komunikasi berkemajuan,” pungkas Fajar.

               

Shared:
Shared:
1