Mufti Ukraina Berharap Muhammadiyah Berperan Membangun Moderasi Islam di Ukraina

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 03 Maret 2020 17:07 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, JAKARTA – Pemimpin organisasi tertinggi umat Islam Ukraina Religious Administration of Muslims of Ukraine (RAMMU), Mufti Said Ismagilov berharap besar Muhammadiyah dapat ikut berperan dalam membangun moderasi Islam di Ukraina.

Dalam kunjungan yang disambut oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Syafiq Mughni, Senin (3/3) Ismagilov melihat bahwa Muhammadiyah memiliki potensi yang tepat untuk turut dalam pembangunan moderasi Islam.

“Kami berdiskusi tentang kemungkinan kerjasama dalam banyak hal yang sangat diperlukan umat muslim Ukraina seperti pendidikan, pemberdayaan perempuan, kesehatan, pertanian, peternakan dan kebudayaan,” jelas Syafiq.

Antusiasme perkembangan Islam di Ukraina menurut Ismagilov cukup menggembirakan meski harus memulai dari nol setelah Soviet bubar, sebab pada masa Soviet Islam mendapatkan tekanan yang besar.

Membawahi komunitas muslim di 17 wilayah Ukraina, RAMMU bergerak dalam membangun pemahaman bersama dengan umat Kristiani Ukraina, melawan Islamophobia, dan menghadirkan visi Islam sebagai bagian integral dari masyarakat Ukraina.

“Mereka melihat bahwa Muhammadiyah memiliki potensi yang sangat bagus untuk itu sehingga kita dalam waktu dekat diundang ke sana,” tutup Syafiq. (afn)

Shared:
Shared:
1