UMY Gagas Produksi Video Pembelajaran Bagi Sekolah Muhammadiyah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 09 Februari 2020 16:12 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, BANTUL - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui program pengabdian persyarikatan yang dijalankan oleh Budi Dwi Arifianto, dan Dr. Fajar Junaedi dari Program Studi Ilmu Komunikasi UMY memproduksi  konten video pembelajaran Sabtu (8/2). Produksi video dilakukan di Laboratorium Ilmu Komunikasi UMY dengan melibatkan Sekolah Dasar Muhammadiyah Kalangan dan Banguntapan, Bantul.

“Produksi ini didasarkan bahwa media digital yang interaktif semakin signifikan dalam proses pembelajaran. Dunia pendidikan pasca hadirnya fenomena inovasi disrupsi diprediksi akan masuk pada era digitalisasi sistem pendidikan, Kegiatan belajar-mengajar akan berubah total,” jelas Fajar Junaedi.

Fajar menambahkan bahwa ruang kelas mengalami evolusi dengan pola pembelajaran digital yang memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih kreatif dan partisipatif, Keberadaan teknologi informasi telah memicu munculnya cara-cara baru untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran.

Video pembelajaran yang diproduksi ditujukan untuk siswa kelas satu sampai enam dengan berbagai tema yang relevan. Kepala sekolah SD Muhammadiyah Kalangan, Andi Budi Rahmawanto menambahkan bahwa dengan produksi video ini, SD Muhammadiyah Kalangan siap menjadi sekolah yang kreatif dan memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran.

Shared:
Shared:
1