IMM AR Fakhrudin Gagas Kelas Epistemologi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 06 Februari 2020 10:56 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, YOGYAKARTA – Salah satu program dari Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) AR Fakhruddin Kota Yogyakarta yang digagas oleh Bidang Riset Pengembangan Keilmuan (RPK) adalah Madrasah Intelektual Muhammadiyah (MIM) 2020 ; Kelas Epistemologi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Januari hingga 4 Februari 2020 di Padepokan K.H Ahmad Dahlan Jln Kyai Mojo. MIM ; Kelas Epistemologi yang mengambil tema  “Merawat Ghirah dan Tradisi Intelektual dengan Wacana Pemikiran Kontemporer”, dengan jargon ‘’Menolak Kepekoan dengan Intelektual’’ diikuti sebanyak 30 peserta kader internal PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta.

Dalam MIM 2020 ini, mereka mendiskusikan keilmuan berbasis filsafat yang dalam pengelolaan kegiatannya menggunakan prinsip semua orang adalah guru, yang pada waktunya akan bergiliran untuk menjadi pemateri.

Muhammadiyah, Ketua Panitia Kegiatan tujuan diadakan MIM 2020; Kelas Epistemologi ini diharapkan setelah kegiatan ini berakhir, para peserta mempunyai basic pemahaman intelektual yang mapan dan mampu berfikir secara kritis serta radikal.

“MIM 2020 ; Kelas Epistemologi ini Allhamdulillah sukses berjalan selama 10 hari karena para peserta yang mengikuti kegiatan ini juga sangat antusias menjalanninya. Setelah MIM ini para peserta akan diberikan rencana tindak lanjut (RTL) untuk lebih menguatkan pemahaman peserta pasca MIM,” ungkapnya.

Muhamad mengungkapkan hadirnya MIM ini juga sekaligus menjadi jawaban IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta melihat fenomena masyarakat yang telah mengalami degradasi keilmuan hingga dunia diributkan dengan berbagai berita konyol yang tidak begitu substansi.

“Harapannya MIM 2020; Kelas Epistemologi ini juga mampu melahirkan intelektual muslim yang menyinari peradaban dan mencerahkan semesta,” ujarnya.

MIM 2020 ; Kelas Epistemologi  ini juga, turut mengundang  Ashad Kusuma Djaya Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta selaku Pembina PC IMM AR Fakhruddim dalam pembukan MIM 2020 ; Kelas Epistemologi.

Ashad turut  menyampaikan pesan pentingnya basic Epistemologi dalam kehidupan sehari hari agar mampu memandangi dunia secara jelas dan berjalan di arah yang benar, sekaligus menegaskan keberpihakan IMM khususnya kader Muhammadiyah. (Syifa)

Sumber : PC IMM AR Fachruddin

Shared:
Shared:
1