Kembangkan Model Pembelajaran, SD Muhammadiyah Karangturi Produksi Konten Video Ajar

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 01 Februari 2020 11:54 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, BANTUL - Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Karangturi, Banguntapan, Bantul memproduksi konten video untuk menunjang proses pembelajaran pada Sabtu (1/2). Produksi konten video ini dilakukan dengan dukungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui skema pengabdian persyarikatan yang dilakukan oleh tim dosen Ilmu Komunikasi UMY yang terdiri dari Fajar Junaedi dan Filosa Gita Sukmono.

“SD Muhammadiyah Karangturi kini berkembang menjadi salah satu sekolah pilihan di Yogyakarta bagian timur, yang kami dorong menjadi sekolah yang memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran di kelas maupun penugasan di rumah,” jelas Indrawasih, kepala sekolah SD Muhammadiyah Karangturi.

Indrawasih menambahkan, bahwa merdeka belajar yang kini menjadi paradigma pendidikan ditindaklanjuti oleh SD Muhammadiyah Karangturi dengan mengembangkan beragam metode pembelajaran, diantaranya dengan produksi konten pembelajaran yang lebih variatif dalam format video.

Sebelum produksi, para guru mengikuti workshop di Laboratorium Ilmu Komunikasi UMY.

“Setelah workshop produksi video pembelajaran, peserta kami ajak untuk melakukan produksi video pembelajaran di ruang laboratorium produksi televisi UMY,” jelas Budi Dwi Arifianto, koordinator Laboratorium Ilmu Komunikasi UMY.

Budi menambahkan bahwa di era revolusi industri 4.0, pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar di sekolah menjadi penting.

Menyambut pemanfaatan teknologi digital, Indrawasih menyatakan bahwa video yang diproduksi akan diunggah di youtube resmi sekolah.

           

 

 

Shared:
Shared:
1