Baru Satu Tahun Beroperasi, RSGM Soelastri UMS Sudah Tangani 20 Ribu Pasien

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 23 Januari 2020 14:06 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, SURAKARTA - Peringatan hari jadi yang pertama Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) digelar pada Selasa (21/1).

Pada acara tersebut dihadiri sejumlah pimpinan Muhammadiyah dan pimpinan UMS, di antaranya Rektor UMS, Sofyan Anif, Ketua PP Muhammadiyah sekaligus Ketua BPH UMS, Dahlan Rais, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UMS, Dendy Murdiyanto, Ketua BPH RSGM Soelastri, Muhammad Da'i, dan Ketua PWM Jawa Tengah, Tafsir.

Direktur RSGM Soelastri, drg. Noor Hafida Widyastuti, mengatakan, dalam kurun waktu satu tahun RSGM Soelastri sudah melayani 20.400 pasien. Pasien tersebut kebanyakan berasal dari Solo dan kabupaten sekitarnya.

“Berbagai fasilitas sarana dan prasarana kami sudah cukup lengkap. Di rumah sakit ini kami menyediakan rawat jalan dan rawat inap. Kemudian untuk dokter spesialis kami sudah memiliki dokter spesialis gigi anak, ortodonsia, bedah mulut serta konservasi gigi. Semoga dengan fasilitas yang ada RSGM Soelastri ini bisa menjadi sarana pendidikan dan pelayanan masyarakat Solo dan sekitarnya," tambah Hafida.

Rencananya tahun 2020 ini RSGM Soelastri akan melakukan akreditasi.

"Seperti yang dikatakan oleh Ibu direktur bahwa ditahun 2020 ini kita akan melakukan akreditasi sehingga nantinya bisa menerima pasien BPJS," ucap Rektor UMS.

"Ibarat seorang anak atau bayi rumah sakit ini harusnya baru bisa jalan. Namun melihat perkembangannya sudah sampai seperti ini sudah seperti anak mau lari saja. Mulai dari kunjungan pasien, peralatan yang ada serta dokter-dokter di RSGM Soelastri ini sudah hampir pada tingkat sempurna. Saya berpesan tingkatkanlah profeseionalitas untuk mendukung visi fakultas kedokteran gigi juga sekaligus mendukung visi RSGM Soelastri," tambah Rektor.

Rektor UMS juga menegaskan bahwa kedepan FKG UMS akreditasinya harus A.

"UMS saat ini sudah punya RSGM sendiri sehingga kedepan harusnya akreditasi FKG UMS harus A. Kalau tidak A berarti ada yang salah di FKG ini. Tahun ini rencananya kami juga akan membangun rumah sakit umum yang modern sehingga pada tahun 2021 sudah bisa beroperasi," tegas Rektor.

Wakil walikota Surakarta, Achmad Purnomo, turut mengapresiasi dan berterima kasih dengan UMS atas kontribusinya selama ini.

"Saya sebagai wakil walikota Surakarta harus berterima kasih kepada UMS. Setelah saya berdiskusi dengan rektor bahwa Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri UMS ini merupakan RSGM terbesar bukan hanya di Surakarta saja melainkan di Jawa Tengah sehingga kami patut berterima kasih kepada UMS," papar Purnomo.

Purnomo juga berharap dengan milad RSGM ini bisa memberikan semangat dan motivasi yang baru kepada jajaran RSGM Soelastri dalam memberiman pengabdian kepada masyarakat.

“Selamat dan mari mewujudkan masyarakat yang sehat dan waras di Surakarta," tambah Purnomo.

Sumber: (Bangkit N/Humas)

Shared:
Shared:
1