Perkuat Jaringan Saudagar, Muhammadiyah Gelar IMBF

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 25 November 2019 19:46 WIB
MUHAMMADIYAH.ID, DENPASAR—Majelis Ekonomi Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah gelar acara Muhammadiyah International Business Forum (IMBF) pada 25 sampai 27 November 2019 di Harris Hotel and Convention, Jl H.O.S Cokroaminoto Denpasar, Bali.
 
Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Bali, Aminullah dalam sambutannya mengatakan wilayahnya siap menjadi bagian tonggak sejarah bisnis internasionalisasi bisnis Muhammadiyah. Dipilihnya Bali sebagai tempat acara merupakan suatu yang tepat, karena Bali menjadi daerah destinasi wisata unggulan Indonesia dan sudah kelas internasional.
 
Menurutnya, Bali memiliki pontensi luar biasa sebagai tempat pengembangan usaha atau bisnis. Mudahnya akses dan intensitas kunjungan wisatawan local dan asing menjadi nilai lebih yang ditawarkan Bali dari pada daerah lain.
 
Sementara itu, Ketua MEK PP Muhammadiyah, Mohammad Nadjikh menekankan terkait diadakannya acara IMBF adalah sebagai forum untuk menjalin dan memperkuat jaringan saudagar Muhammadiyah. Lebih dalam Najikh menjelaskan, pemilihan kata Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) menurutnya lebih akrab dari pada istilah pengusaha atau konglomerat. 
 
Pemilihan kata tersebut sebagai cara untuk lebih mudah menyebarkan virus semangat berwirausaha dikalangan internal Muhammadiyah, lebih-lebih pada kalangan luar Muhammadiyah. Selain itu, MEK melalui JSM juga sering melakukan inkubasi dan motivasi bisnis. Dalam forum yang diselenggarakan ini, MEK mengiknubasi sebanyak 100 Usaha Kecil Menengah lokal Bali.
 
“MEK siap bekerjasama dengan pihak luar, termasuk pemerintah atau mentri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)," tutur Najikh.
 
Najikh berharap, JSM tetap solid dan anggotanya bisa berdiaspora dan menjadi anggota perkumpulan pengusaha lain, namun tetap JSM yang harus lebih diutamakan. Menginggat anggota JSM sebagai besar adalah warga Muhammadiyah kultural, maka bagi pengusaha yang ingin bergabung dan masuk JSM dipersilahkan.
 
Diwakilkan kepada Gede Indra, karena sedang berbenturan dengan acara lain Gubernur Bali, I Wayan Coster menyambut baik acara IMBF yang telah memilih Bali sebagai lokasi acara. Muhammadiyah di masa awal telah mengawali kemajuan kualitas bangsa melalui ekonomi. Ia berharap dari acara ini bisa komitmen dan bekerjasama untuk membangun kedaulatan ekonomi Indonesia. (a'n
Shared:
Shared:
1