10.000 Warga Muhammadiyah Akan Ramaikan Resepsi Milad Muhammadiyah ke 107

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 16 November 2019 11:55 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, YOGYAKARTA — Sebagai agenda rutin tahunan, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan kembali mengelar resepsi Milad Muhammadiyah ke-107 Tahun pada 18 November 2019 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Dipilihnya UMY, menurut Gunawan Budiyanto, Rektor UMY karena memiliki kesesuaian dengan tema milad tahun ini yaitu “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”. Dalam reangkaian Milad tahun ini juga terasa istimewa karena bersamaan dengan Tasyakur Milad 100 Tahun Taman Kanak-kanak Aisyiyah Busthanul Athfal (TK ABA), juga berdekatan dengan Muktamar Muhammadiyah yang akan dihelat 2020 nanti di Surakarta.

“Dipilihnya UMY karena memiliki kesesuaian dengan launching Muhammadiyah Online University. Dalam perkuliahan yang telah dijalankan, UMY telah melakukan uji coba program Pendidikan daring. Meskipun demikian, kampus online yang akan di launching nanti bukan hanya diurusi oleh UMY, tapi diurusi 5 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) lain.” Tutur Gunawan pada pers conference (16/11) di Gedung AR Fachrudin A, Kompleks Kampus UMY.

Kampus online ini sebagai tenggapan atas tentangan era revolusi 4.0, Gunawan menambahkan, era 4.0 sebagai zaman yang berbasis maya/digital tidak bias dihindari. Maka Muhammadiyah perlu mengantisipasinya melalui hal-hal baru yang kompatibel dengan perubahan zaman. Belajar melalui media daring disisi lain sebagai solusi bagi kesulitan waktu dan biaya bagi masyarakat yang memiliki keinginan untuk belajar.

Meskipun demikian, perkuliahan yang dilakukan tetap mengadakan tatap muka secara langsung, akan tetapi intensitasnya tidak sesering kuliah-kuliah konvensional. Karena seperti yang dinginkan Muhammadiyah, bahwa Pendidikan adalah menjadikan manusia yang sebenarnya, manusia yang mengedepankan moral dan memiliki kepribadian Islami sesuai dengan Muhammadiyah.

Meyambung Gunawan, Agung Danarto, Sekretaris PP Muhammadiyah mengatakan, pencerdasan yang dilakukan oleh Muhammadiyah adalah tema yang klasik. Ia beralasan, bahwa Muhammadiyah sejak awal berdirinya berada pada koridor tersebut. Sebagai agenda rutin yang dilakukan oleh Muhammadiyah, resepsi Milad Muhammadiyah juga sebagai peneguhan dan dharmabakti kepada umat sejak lebih sebad yang lalu.

Akan hadir dalam malam resepsi Milad Muhammadiyah ke-107 diantaranya adalah Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Efendi, Mendikbud Nadhim Makarim, Menag Fachrul Razi, Kapolri Idham Aziz, serta beberapa tokoh nasional lainnya. Diperkirakan malam resepsi Milad Muhamamdiyah ke-107 akan dihadiri sebanyak 10.000 warga dan simpatisan persyarikatan.

Sekedar informasi, jalan Lingkar Barat atau jalan Brawijaya depan UMY akan dilakukan rekayasa lalu lintas yang diatur oleh Polantas. Akan ditutup sebagian pada jalur cepat dan jalur lambat akan ditutup mulai pukul 17.00 sampai acara selesai sekitar pukul 21.30. (a'n)

Shared:
Shared:
1