Keterlibatan Tokoh Muhammadiyah dalam Pengembangan Institusi Pendidikan Islam di Indonesia

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 24 Oktober 2019 15:01 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, BANTUL -- Program Pascasarjana Politik Islam - Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Seminar Kemuhammadiyahan dan Kebangsaan Prof. KH. Abdul Kahar Muzakkir, Ulama dan Pejuang Muslim' bertempat di Ruang Ampitheater Pascasarjana UMY.

Rektor UMY, Gunawan Budianto mengatakan dalam sambutannya, tugas pertamanya setelah menjadi Rektor UMY adalah ditugasi membukukan beberapa tokoh Muhammadiyah oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. Salah satu buku yang telah ditulisnya adalah tentang Kasmansingodimedjo yang juga salah satu tokoh Muhammadiyah.

Gunawan juga menyinggung tentang keterlibatan tokoh-tokoh Muhammadiyah dalam membangun institusi pendidikan di Indonesia. Yaitu saat pendirian Universitas Islam Indonesia (UII).

"UII berdiri atas landasan kesepakatan dari tokoh-tokoh muslim yang waktu itu diputuskan di madrasah Muallimin Muhammadiyah," ungkap Gunawan, Rabu (23/10).

Hal itu, menurutnya, menunjukkan bahwa ada keterlibatan tokoh Muhammadiyah juga dalam pengembangan institusi pendidikan Islam di Indonesia.

Terkait dengan Seminar ini, Gunawan mengapresiasi terselenggaranya acara ini.

"Hal yang baik bagaimana mengangkat khasanah perjuangan para tokoh Muhammadiyah dan bagaiamana peran kebangsaan Muhammadiyah," kata Gunawan.

Hadir sebagai Keynote Speech Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, serta beberapa narasumber lain seperti Azyumardi Azra, Sejarawan, Jawahir Thontowi, Ahli Hukum Internasional, dan Mutiah Amini, Dosen Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada (UGM). (Syifa)

Shared:
Shared:
1