MPM PP Muhammadiyah Akan Gagas Kampung Nelayan Berkemajuan di Wonokerto

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 21 Oktober 2019 14:19 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, PEKALONGAN – Salah satu fokus utama Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah ialah pemberdayaan pada sektor nelayan. Hal ini dilakukan dalam rangka penguatan kapasitas kelembagaan nelayan dalam terbentuknya jamaah-jamaah nelayan.

Komitmen itu disampaikan oleh M Nurul Yamin, Ketua MPM PP Muhammadiyah melakukan Panen Raya udang jamaah Muhammadiyah di Wonokerto, Pekalongan, pada Ahad (21/10).

“MPM PP Muhammadiyah akan terus mendukung dan mencoba fasilitasi perkembangan jamaah nelayan Wonokerto, karena sebagian besar yang tinggal di satu kawasan kampung yang nanti akan kita diskusikan bersama untuk menjadi kampung nelayan berkemajuan,” jelas Yamin.

Kampung nelayan berkemajuan ini, kata Yamin akan terbentuk dari pola kehidupan sehari-hari, misalnya nelayan disamping bergerak dibidang nelayan tentu juga dilakukan pembudidayaan yang dilakukan oleh nelayan.

“Salah satu yang sudah dilakukan oleh MPM PCM Wonokerto adalah budidaya udang panami menggunakan pendekatan teknologis. Terobosan pemberdayaan teknologis inilah yang nantinya mampu memberdayakan petani,”katanya.

 Kedepan, ditegaskan oleh Yamin, MPM PP Muhammadiyah secara kelembagaan akan terus memfasilitasi jamaah nelayan yang ada di Wonokerto yang saat ini sedang melakukan pengadaan kapal nelayan pencari ikan. Selain itu, MPM PP Muhammadiyah juga turut memperhatikan pendidikan untuk anak-anak nelayan.

“Kita mulai dari TK ABA yang ada di Wonokerto yang keberadaannya saat ini berada di bantaran sungai dan terkena rob air laut bahkan perlunya normalisasi dan dipindahkan. Untuk pendidikan tingkat SD amal usaha di PCM Wonokerto yang punya keunggulan di bidang tafsir akan senantiasa menjadi wadah pendidikan bagi ana-anak nelayan,”pungkas Nuru Yamin. (Andi)

Foto: Danny

 

 

Shared:
Shared:
1