Terjang Hujan, Tim Medis Muhammadiyah Berikan Penanganan pada Ibu dan Bayi di Waitasik Ambon

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 05 Oktober 2019 12:56 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, AMBON - Tim medis Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) lakukan pemeriksaan terhadap ibu dan bayi yang dilahirkannya pada Kamis (04/10) pagi di Bukit Waitasik Dusun Waitasik Kec. Kairatu, Kab. Seram Bagian Barat.

Kronologinya, saat itu tim medis asal DMC RS PKU Gombong dihubungi dan dimintai oleh Kepala Dinas Kesahatan Kab. Seram Bagian Barat untuk membantu dan menemui seorang ibu yang baru saja melahirkan. dr. Eva Delsi bersama 2 perawatnya Hery Pranoto, dan Sudarmanto, menuju lokasi tempat tinggal pasien.

Namun akibat hujan yang mengguyur Dusun Waitasi sejak malam, jalan menjadi sangat licin dan sulit untuk dilewati menggunakan kendaraan. Pada akhirnya dr. Eva Delsi bersama tim memutuskan untuk berjalan kaki menuju lokasi yang terletak di area pegunungan.

Namun ketika di perjalanan menuju Bukit Waitasi, tim medis berpapasan dengan pasien dan bayinya dijalan “Si ibu dalam kondisi stabil, dia bisa jalan jadi kami langsung periksa bayi perempuannya sekilas dan alhamdulilah kondisinya stabil” terang dr. Eva saat itu.

dr. Eva bersama tim medis lainnya segera membawa ibu dan sang bayi menuju puskesmas Kairatu untuk diperiksa ulang kondisi ibu beserta bayinya.

“Di puskesmas langsung kita kasih terapi seperti bayi baru lahir pada umumnya,” tambah dr. Eva.

Hingga saat ini kondisi di Ambon dan sekitarnya masih sering terjadi beberapa kali gempa susulan, khususnya di bagian pusat terjadinya gempa yaitu Desa Liang Pulau Ambon dan sekitar Kec. Kairatu Kab. Seram Bagian Barat.

Melihat kondisi yang seperti itu tim medis DMC RS PKU Gombong selain memberikan pelayanan medis, mereka juga berikan edukasi pola hidup sehat, pengetahuan akan gempa bumi dan bermain bersama anak - anak.

Reporter : Azza

Fotografer : Tim Media MDMC

Shared:
Shared:
1