Refleksi Peringatan G30S PKI, KOKAM Banyuwangi Gelar Upacara

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 02 Oktober 2019 10:55 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, BANYUWANGI – Sebagai bentuk refleksi diri peringatan pemberontakan G30S/PKI, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda (KOKAM) Daerah Banyuwangi menggelar  upacara dan Kesaktian Pancasila pada Selasa (1/10).

Bertindak sebagai komandan upacara Kabid KOKAM Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Genteng dan inspektur upacara Ashuri yang merupakan instruktur KOKAM Jawa Timur.

“Upacara kali ini kenapa kita laksanakan di Monumen yang menjadi saksi sejarah kebiadaban PKI, hal ini dikandung maksud agar KOKAM Banyuwangi tetap waspada akan bahaya laten komunis, meski sudah ditumpas tapi ideologi komunis bisa saja sewaktu-waktu muncul kembali”, ujar Ashuri.

Kegiatan ini sendiri dihadiri tidak kurang dari dua ratus anggota KOKAM yang mengikuti, dan merupakan utusan dari seluruh cabang se-daerah Banyuwangi. Selain diikuti anggota KOKAM, peringatan kesaktian pancasila ini juga dihadiri sejumlah anggota kepolisian dari Polsek dan anggota Koramil.

“Kami berharap nantinya kepada Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Banyuwangi melalui Kabid KOKAM agar setiap tahun diagendakan untuk menggelar peringatan G30S/PKI dan Kesaktian Pancasila di Monumen ini, sebab bisa jadi sarana memupuk jiwa nasionalisme pada rekan-rekan”, tutur Sugiyanto salah satu peserta upacara.

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Banyuwangi sangat mengapresiasi adanya upacara di Monumen Pancasila Jaya ini, dengan harapan demi menjaga keutuhan NKRI dari rongrongan ideolog lain yang akan mengganti Pancasila serta merusak keutuhan bangsa.

 

 

 

 

Shared:
Shared:
1