Pesan Busyro Muqoddas Bagi Anggota DPR yang Baru Dilantik

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 01 Oktober 2019 14:52 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, YOGYAKARTA - Seluruh anggota DPR, DPD, dan MPR telah dilantik pada Selasa (1/10) dalam sidang paripurna pengambilan sumpah di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta. Pelantikan 575 anggota DPR, dan 136 DPD ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Tanggapi pelantikan tersebut, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Busyro Muqoddas berharap, wakil-wakil rakyat dan wakil-wakil daerah itu benar-benar bisa lebih  menginsyafi dan memiliki komitmen untuk mengemban amanat yang begitu mulia walaupun  berat.

“Berat tapi mulia, amanat itu secara singkat berkaitan dengan bagaimana mengaktualisasikan, mengimplementasikan, ruh, nilai dan semangat pembukaan UUD 1945, yang di situ ada butir-butir tentang Pancasila ke dalam kehidupan politik, dan prinsip-prinsip kebijakan publik, kebijakan masyarakat, dan kebijakan Negara yang benar-benar mengamalkan pembukaan tersebut, yang itu artinya mengamalkan prinsip-prinsip kerahmatan, prinsip-prinsip kedaulatan rakyat, prinsip-prinsip kemerdekaan yang sangat diperlukan dalam situasi sekarang ini,” jelas Busyro ketika ditemui pada Selasa (1/10) di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta.

Busyro juga berharap agar para wakil rakyat itu bisa menginsyafi dan menyadari kedudukannnya adalah wakil rakyat, wakil daerah, bukan lagi wakil partai politik atau siapapun juga.

“Mari bersama-sama dengan komponen rakyat, komponen umat kita meningkatkan sinergitas untuk menjadikan Negara ini, Negara yang benar-benar konsikuen yang benar-benar lebih jujur secara politik, secara ekonomis, secara hukum dan penegak hukum untuk mengamalkan prinsip-prinsip di dalam nilai-nilai kebangsaan. Selamat menjalankan amanat yang mulia ini, mudah-mudahan Allah memberkati anda semuanya,” pungkas Busyro.

Shared:
Shared:
1