UM Jakarta Penuhi Janji Benahi Sistem Administrasi Kampus

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 10 Mei 2011 13:50 WIB

Jakarta- Pembenahan sistem yang sering dilontarkan UMJ dengan menerapkan sistem SADA (Sentralisasi Administrasi Keuangan dan Desentralisasi Akademik) kini dalam proses realisasi. Kamis (7/4) lalu, rektor UMJ mengundang dua tim ICT (Information and Communications Technology) profesional yang masing-masing terdiri dari PT. Citra Murni, diketuai oleh Furqon, SE., MM, dan Digilab (Digital Laboratory), diketuai oleh Sidiq Ali Mukarrom.

Tim ICT dari PT. Citra Murni  merupakan tim yang menangani sistem administrasi akademik online yang berbasis web dengan database terpusat telah memberikan presentasi di hadapan pimpinan UMJ. Sedangkan tim Digilab, membangun ulang (rebuilding) website UMJ yang sebelumnya dinilai kurang interaktif dan kurang lengkap.

Menurut Furqon, sistem yang dibangun ini memudahkan proses administrasi akademik dan perkuliahan. “Mahasiswa bisa melihat nilai, mengisi KRS, berinteraksi dengan dosen, dan sebagainya meski sedang berada di rumah selagi terhubung dengan akses internet”, kata Furqon menjelaskan secara detail. Menurutnya, technologi ICT juga sangat interaktif, “Interaksi antara dosen dan mahasiswa bisa dilakukan secara online. Dosen bisa menyampaikan bahan atau tugas perkuliahan secara online demikian juga jika mahasiswa mau menyerahkan tugas-tugasnya”, tambahnya.

Dengan online-isasi database akademik dan keuangan maka diharapkan maksimalisasi SADA dapat tercapai. Menurut Agus Riyanto, staf Puskom UMJ, teknologi tidak hanya menawarkan visualisasi rasa digital tapi juga efisiensi yang transparan. Menurutnya, sistem administrasi dan akademik yang dibangun telah mempertimbangkan efektivitas kerja, akuntabilitas, dan transparansi.Dalam waktu dekat, sistem ini bisa segera diterapkan dan disosialisasikan. Proses penyatuan data dari seluruh fakultaspun sedang dalam proses.(www.umj.ac.id)

 

Shared:
Shared:
1