Robot Berkaki FT UMM Ungguli UB dan PENS ITS

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 10 Mei 2011 13:42 WIB

Malang- Tim Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali berjaya. Kali ini KRCI kategori robot berkaki meraih juara I pada Kontes Robot tingkat Regional IV di ITS, Minggu (8/05). Tak hanya itu, tim bernama Dome itu juga meraih kategori Best Design untuk KRCI.

Ketua Tim, mahasiswa jurusan Teknik Elektro FT UMM, Ahmad Syah Pamungkas, menerangkan kemenangan timnya tak lepas dari belajar dari kegagalan kakak kelasnya tahun-tahun sebelumnya. Selama hampir tiga bulan, dia bersama anggota timnya, Guna Monda Wicaksana, merancang dan mengembangkan robot cerdas yang mampu berjalan menemukan titik api hingga memadamkannya. Tim ini dibina oleh Ir. M. Irfan, MT.

 “Dalam enam kali tanding, kami hanya gagal satu kali memadamkan api,” kata Ahmad menceritakan kontes yang berlansung dua hari itu. Timnya akhirnya bisa mengalahkan tim unggulan dari PENS ITS dan Universitas Brawijaya (UB) yang masing-masing menempati posisi II dan III.

Uniknya, meski robotnya dibilang cukup cerdas ternyata tak menghabiskan dana terlalu besar untuk merancangnya. Dibutuhkan hanya Rp 5 juta untuk menyelesaikan robot mini yang ringan itu. “Bahannya kami olah dari daur ulang robot-robot lama kami yang terus menerus kami pelajari,” lanjut Ahmad.

Dengan kemenangannya ini Tim Dome UMM akan melaju ke final tingkat nasional pertengahan Juni mendatang di UGM. Pihaknya mengaku optimis bisa memenangkan kontes ini dengan persiapan yang lebih matang lagi.

“Kelemahan robot kami ada di sensor jarak yang masih terbatas. Makanya kami akan menambahkan satu lagi sensor sehingga menjadi delapan sensor serta memperbaiki bagian-bagian mekanik yang penting,” terang Ahmad terkait perbaikan robotnya untuk menghadapi final nasional nanti.

Pembantu Rektor III UMM, Drs. Joko Widodo, MSi mengaku bangga dengan capaian mahasiswanya itu. Sebab, dengan demikian kini FT UMM tak hanya unggul di bidang Kontes Jembatan saja tetapi juga sudah mulai unjuk gigi di bidang robotika. “Selama ini jembatan kita selalu juara, tahun ini robot juga harus juara,” kata Joko memberi semangat mahasiswanya.(www.umm.ac.id)

Shared:
Shared:
1