Peran Mapala PTM dalam Program Pelestarian Lingkungan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 03 September 2019 14:06 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, MAKASSAR — Forum Komunikasi dan Media Informasi (FKMI) Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA) Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia gelar Jambore ke XII di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar padaSenin(2/9).

Rektor Unismuh, Abdul Rahman Rahim menyambut baik acara ini. Ia mengatakan tertarik dengan tema yang diangkat mengenai isu kelestarian lingkungan. Menurutnya, isu ekologi sekarang ini memang menjadi sorotan dunia secara umum, banyak pihak yang mulai resah terkiat keadaan bumi saat ini.

Kebiasaan buruk yang mulai ditingalkan secara perlahan oleh manusia adalah mengurangi penggunaan kantong plastik. Kampanye untuk meminimalkan pengunaan kantong plastik sudah banyak ditemukan sekarang ini, namun upaya tersebut akan sulit mencapai goalnya manakala tidak mendapat dukungan secara luas. Maka, Abdul Rahman Rahim meminta untuk segenap jajaran dan pemerintah baik, wilayah sampai dengan daerah untuk turut menyukseskan acara ini.

Menambahkan, Erwin Akib berharap acara ini bukan hanya menyentuh persoalan fisik saja, melainkan juga bisa menghasilkan dari olah pikiran terlebih penelitian atau pengkajian. Dari hasil pengkajian tersebut setidaknya bisa memberi kontribusi kepada Muhammadiyah, bangsa dan masyarakat umum untuk program-program pelestarian lingkungan.

“Kami berharap agar Mapala PTM bisa melakukan kajian secara akademik terhadap berbagai fenomena alam yang terjadi dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak,” ungkap Wakil Ketua Diklitbang PP Muhammadiyah ini.

Selain membahas isu lingkungan, agenda yang diselengarakan dalam acara ini meliputi tanam mangrove di Sinjai Timur, serta eksplorasi budaya dan jurnalisme warga di Sinjai Utara. Serta berolahraga berjalan dan mendaki pengunungan di Lompobattang dan Bawakaraeng dan pembuatan WC untuk Masjid di Kecamatan Tompobulu, Gowa. Dan ditambah lagi dengan kegiatan Caving atau susur gua di Kompleks Gua Leang Rakko, kemudian kegiatan panjat tebing di Maros, dan arum jeram di sungai Rongkong.

Acara ini diikuti sebanyak 56 Mapala PTM se-Indonesia. Selain Unismuh Makassar, suksesnya acara ini juga bekerjasama dengan Mapala PTM rayon VII wilayah Sulawesi Barat dan Tenggara. (a’n)

Shared:
Shared:
1