Kunjungi Palu, Haedar: Ambil Hikmah dari Setiap Musibah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 31 Agustus 2019 19:15 WIB

PALU, MUHAMMADIYAH.OR.ID -- Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengunjungi Palu, Sulawesi Tengah. Kunjungan Ketum PP Muhammadiyah ini dalam rangka mengunjungi proyek kemanusiaan pasca-gempa Palu beberapa waktu lalu. Di antara daerah terdampak bencana salah satunya di Kecamatan Sirenja, Donggala, Palu. (31/8).

 

Ketum mengatakan Kehadiran Muhammadiyah sejak dulu merupakan sebagai semangat Al Maun. "Yang telah dilakukan Muhammadiyah sejak dulu, melalui amal usaha dan majelis lembaganya. Musibah adalah kehendak Allah Swt, ini semua ujian buat kita, tidak ada yang mau dan menginginkan bencana," ujar Haedar di Masjid Al Munawar Sirenja.

 

Dikatakan Haedar Apa yang sudah terjadi kita jadikan muhasabah dan sikap ta'awun bagi kita semua. "Musibah bencana tidak hanya di Palu, sebelum ini banyak tempat di Indonesia, jadikan sebagai pembelajaran atas kehendak Allah tersebut sebagai hamba Allah yang beriman.", ungkapnya.

 

"Jangan meratapi musibah yang sudah terjadi, tapi jadikan itu pelajaran bagi diri kita memaknai ayat ayat Allah dalam rangka beriman dan bertakwa kepada Allah." pesannya.

 

Kita harus mengambil hikmah dari setiap bencana yang terjadi. Lihat sekitar kita banyak hal yang mungkin kita abai dari apa yang telah dikaruniakan Allah kepada kita. Mungkin kita kurang bersyukur, kurang hati-hati dan mawas diri.

 

Maka dari itu perlu Sikap Ta'awun terhadap musibah ini, munculkan kesadaran taawun dalam diri kita, lingkungan kita, semangat gotong royong membangun kembali semangat itu bersama-sama saudara kita yang terkena musibah ini. 

 

"Apa yang dilakukan Muhammadiyah itu semangat bukan untuk kita saja, tapi untuk seluruh warga bangsa. Siapa saja beda suku, beda agama bahkan kafir sekalipun kita harus berbuat adil dan ihsan," lanjut Haeda

 

Secara umum Muhammadiyah menyerahkan 189 kapal dan 250 unit mesin perahu untuk nelayan di Sirenja melalui kerjasama antara MDMC dengan Solidar Suisse (NGO dari Swiss), serta 89 unit rumah hunian sementara (huntara) yang bekerjasama dengan HEKS.

 

Selanjutnya untuk tahap kedua akan dilakukan untuk menguatkan penghidupan dari bulan Juli 2019 hingga Juli 2020. "Ada 1.300 Kepala Keluarga (KK) yang terima Cash Transfer Program (CTP) untuk UMKM yang terdampak ini masih kerjasama dengan Solidar Suisse. Kemudian ada 390 CTP untuk rumah tumbuh kerjasama MDMC dengan HEKS Swiss," kata Rahmawati Husein, Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah.

 

Shared:
Shared:
1