Rektor UMS Dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 08 Agustus 2019 13:38 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, SURAKARTA - Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Dr Sofyan Anif dikukuhkan sebagai Guru Besar UMS ke 25, pada Kamis (8/8).

Sofyan dikukuhkan Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan ke 3 yang dimiliki UMS, dengan proses pengajuan Guru Besar sekira empat bulan. 

"Kami mengangkat persoalan kualitas pendidikan. Tema yang di pilih pengembangan kompetensi SDM pendidik berbasis Continues Profesional Development (CPD) pada era disruption," kata Sofyan.

Ada sejumlah persoalan yang menjadi dalam pendidikan, seperti persoalan pendidikan yang masih jadi masalah aktual, kondisi kompetensi guru dari berbagai survey belum optimal, peradaban dunia berkembang pesat terutama bidang IT hingga hadirkan fenomena era induatri 4.0, bahkan ada negara maju 5.0.

"Baik buruknya bangsa juga tergantung dari guru, harus mengembangkan potensinya, wajib merubah mindset guru dan pejabat untuk mengikuti perkembangan era," tandasnya. 

Sofyan menilai, guru bukan satu-satunya sumber belajar, jadi harus lebih berkualitas. Guru harus mampu punya daya saing, kreatifitas dan inovatif yang tinggi.

Shared:
Shared:
1