UMJ Kirim Mahasiswa ke Bangkok

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 07 Agustus 2019 13:19 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, JAKARTA – Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI-UMJ) melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional ke Bannrodfai School Pattaya, Thailand tanggal 1 hingga 28 Agustus 2019. KKN dan PPL yang diikuti oleh 9 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) ini merupakan kegiatan KKN dan PPL internasional yang pertama kali dilakukan oleh FAI-UMJ setelah sebelumnya fakultas lain sudah melakukannya.

Selama 28 hari mahasiswa akan mengajarkan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan pelajaran keagamaan lainnya, yang pembelajaran tentu dengan pengantar Bahasa Inggris dan Arab. Lokasi KKN dan PPL di Bannrodfai School-Pattaya merupakan sekolah Islam yang sudah berdiri selama 33 tahun, dan saat ini siswanya berjumlah 800 orang (SD dan SMP), namun tidak semua beragama Islam, ada juga yang Budha dan Kristen, beberapa siswa juga berasal dari Rusia, Iraq, dan Indonesia. Bannrodfai School memiliki 72 guru dan staff, dan 12 guru berasal dari mancanegara.

Pemberangkatan mahasiswa pada Kamis (1/8) lalu didampingi oleh Wakil Dekan 1 FAI, Tajudin dan Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional UMJ, Endang Zakaria. Dan di akhir masa KKN dan PPL, mahasiswa akan dijemput oleh Kaprodi PAI, Busahdiar.

Rektor UMJ, Syaiful Bakhri, menyambut baik Program KKN dan PPL mahasiswa FAI UMJ ke Pattaya ini.

“KKN dan PPL inetrnasional selain untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan, juga untuk menambah wawasan internasional mahasiswa, agar dapat bergaul dengan masyarakat dari negara lain karena di era globalisasi ini mahasiswa harus memiliki wawasan global. Pattaya ini adalah lokasi wisata, mahasiswa harus dapat membagi waktu untuk mangajar dan wisata,” kata Syaiful Bakhri.

Kepala Sekolah Bannrodfai, Ms. Nusara menyampaikan bahwa Bannrodfai terbuka bagi mahasiswa Muhammadiyah untuk melakukan program PPL di sana.

“Kepala Sekolah dan guru-guru Bannrodfai School sangat antusias dalam menyambut kedatangan mahasiswa FAI UMJ dalam Program KKN dan PPL di sekolah,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (KUI) UMJ, Endang Zakaria bahwa KKN dan PPL ini merupakan follow up kerjasama antara Bannrodfai School dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). “MoU nya sudah ada sejak tiga tahun yang lalu antara Bannrodfai dengan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah,” pungkasnya. (Syifa) 

Shared:
Shared:
1