RS PKU Bantul Luncurkan Program Unggulan untuk Masyarakat

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 05 Agustus 2019 10:18 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, BANTUL – Peringati Milad ke-55 Rumah Sakit (RSU) PKU Muhammadiyah Bantul meluncurkan dua pelayanan unggulan yaitu pelayanan anak terpadu dan ambulance gawat darurat sukarelawan Muhammadiyah. Pelayanan ini resmi diluncurkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bantul, pada Sabtu (3/8).

Widiyanto Danang Prabowo, Direktur Utama PKU Muhammadiyah Bantul mengatakan, pelayanan ini merupakan tekat RSU PKU Muhammadiyah Bantul turut mendukung Pemkab Bantul dalam mewujudkan kabupaten ramah anak. Apalagi angka tingkat kematian ibu dan anak saat ini terus meningkat.

“Dengan adanya layanan baru ini kami berupaya membantu mengurangi angka kematian ibu dan anak,”ujar Widiyanto.

Lebih jauh Widiyanto mengatakan, unit pelayanan anak terpadu merupakan layanan kesehatan untuk anak yang meliputi klinik anak, klinik tumbuh kembang, klinik imunisasi, klinkik fisioterapi, klinkik psikologi dan klinik terapi gizi.

“Layanan kesehatan anak berada ditempat terpisah dari pelayanan poliklinik lain sehingga menjadi terpadu dan komprehensif,” katanya.

Adapun ambulance gawat darurat sukarelawan Muhamamdiyah hadir sebagai pelayanan cepat kegawatdaruratan. Dimana saat ini PKU Muhammadiyah Bantul telah dipercaya Pemkab Bantul sebagai rumah sakit yang mampu menangani pertolongan pertama kegawatdaruratan.

Dalam mendukung layanan ambulance sukarelawan turut digelar pula simulasi kecelakaan di Simpang Kedolaran bersama ambulance dari Public Safety Center (PSC) 119, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan, dan kepolisian serta ambulance Lazismu se-Kecamatan Bantul.

Selain dua layanan unggulan PKU Muhammadiyah Bantul belum lama ini juga mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulam Indonesia (MUI) terkait produk catering dan gizi rumah sakit. Tidak hanya itu, PKU Muhammadiyah Bantul juga menerapkan catering diet dan sehat yang diawali dari direksi rumah sakit. (Andi)

 

Shared:
Shared:
1