UM Purwokerto Raih Predikat Perguruan Tinggi Terbaik Se-Purwokerto

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 02 Agustus 2019 16:20 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, PURWOKERTO – Salah satu lembaga pemeringkat perguruan tertinggi terbaik di dunia, uniRank merilis 572 universitas terbaik di Indonesia pada 2019. Pemeringkatan ini telah diakui dan memenuhi 3 kriteria seleksi uniRank.

Pertama, dilisensikan dan diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi Indonesia. Kedua, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun atau pascasarjana (magister atau doktoral). Ketiga, memberikan kursus yang sebagian besar dalam format pendidikan tradisional dan tatap muka.

Dari 10 peringkat universitas terbaik di Purwokerto, Jawa Tengah versi uniRank yang sudah dirangkum, Jum’at (1/8). 3 top universitas menduduki terbaik yang dirilis uniRank yaitu: Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto.

Beberapa universitas swasta juga masukd alam pemeneringkatan yang dilakukan oleh uniRank ini. Adapaun pengelompokan universitas yang masuk dalam urutan 10 besar versi UniRank di seluruh Indonesia diantaranya:

1.            Universitas Gadjah Mada (Sleman)

2.            Universitas Brawijaya (Malang)

3.            Universitas Indonesia (Depok)

4.            Universitas Negeri Yogyakarta (Sleman)

5.            Universitas Diponegoro (Semarang)

6.            Universitas Sebelas Maret (Surakarta)

7.            Institut Pertanian Bogor (Bogor)

8.            Universitas Airlangga (Surabaya)

9.            Universitas Lampung (Bandar Lampung)

10.          Universitas Muhammadiyah Surakarta (Surakarta)

UniRank merupakan direktori internasional pendidikan tinggi dan juga mesin pencari daring (online) dengan fitur review dan pemeringkatan lebih dari 13 ribu universitas di 200 negara.

Dasar metodologi pemeringkatan UniRank didasarkan pada alogaritma web dengan menggunakan 5 web pengukur matrik diantaranya Alexa Global Rank, Moz Domain Authority, SimiliarWeb Global Rank dan Majestic untuk menjamin kemandirian. 

Web matrik merupakan alogaritma yang diukur diantaranya berdasarkan jumlah pengunjung website atau tingkat aktifitas di website tersebut. (Andi)

Sumber: Humas UMP

Shared:
Shared:
1