Haedar: Eksistensi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Semakin Diakui Dunia

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 27 Juli 2019 16:28 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, MAKASSAR — Eksistensi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) semakin diakui oleh dunia global, prestasi tersebut penting untuk diapresiasi karena membuktikan peranan Muhammadiyah dalam bidang Pendidikan Tinggi di kancah internasional bukan hanya isapan jempol belaka.

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir ketika menyampaikan pidato di acara Wisuda sekaligus Milad Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar pada Sabtu (27/7).

“PP Muhammadiyah memberi apresiasi yang tinggi atas masuknya Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dalam rangking top Perguruan Tinggi Islam dunia. Juga untuk keberhasilan berbagai PTM lain di beberapa kategori lain. Membuktikan PTM sudah masuk dalam persaingan global,” ungkap Haedar.

Menurut data yang dirilis oleh UniRank, sebuah situs Direktori Perguruan Tinggi Internasional yang mengulas peringkat lebih dari 13.600 Universitas di 200 negara, Muhammadiyah berhasil menempatkan beberapa kampus unggulanya.

Haedar berpesan untuk lebih ditingkatkan lagi kualitas dan jaringan antar PTM, serta jaringan dengan kampus luar PTM. Jaringan tersebut sebagai usaha untuk perbaikan mutu dan peringkat PTM, sehingga PTM mampu bersaing dan menujukan diri nya sebagai kampus yang pantas diperhitungkan baik dalam persaingan lokal mapun global.

Maka, menurut Haedar, ciri khusus atau kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing PTM perlu dikembangkan dan dimaksimalkan. Karena keunikan tersebut menjadi pembeda antara yang satu dengan yang lain, sehingga ciri tersebut menjadi unggulan dan poin penting bagi masing-masing PTM.

“Setiap PTM punya kekuatan, kelebihan dan kekhasan masing-masing karena itu perlu dimaksimalkan potensinya,” pungkas Haedar.

Berikut susunan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang masuk peringkat 100 terbaik di Top Islamic Universities in the World tahun 2019:

5. Univeritas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

11. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

12. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

21. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

45. Universitas Muhammadiyah Semarang (Uimus)

71. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

81. Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

84. Universitas Muhammadiyah Siodarjo (Umsida)

96. Universitas Muhamadiyah Metro (UM Metro)

Shared:
Shared:
1