Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Ajak Siswi Baru Cintai Budaya Literasi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 08 Juli 2019 15:16 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, YOGYAKARTA– Memasuki hari pertama Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswi (FORTASI) Mu’allimaat 2019pada Ahad (7/7), siswi baru diajak untuk mengenal lebih dekat mengenai madrasah danseisinya. Melalui kegiatan as safar haula al madrasah (Assalam) para kader baru dipersilakanmengelilingi tiap-tiap tempat di Madrasah Mu’allimaat.

“Dengan teka-teki yang menjadi penunjuk arah rute Assalam, diharapkan peserta dapat mencari rute sekaligus mengetahui kegunaan lokasi tersebut,” papar Ajeng, Koordinator kegiatan Assalam.

Yang mengasyikkan dari Assalam ini siswi berkeliling menggunakan rute perjalanan yangditunjukan dengan istilah-istilah unik. Seperti teka-teki ‘kotak panas tempat perebusankebijakan’ yang berarti ruang Direktur.

“Ketika Assalam berlangsung para wali masing-masingkelompok menjabarkan penjelasan dari setiap lokasi yang dikunjungi. Meliputi penggunaan,akses masuk, dan sebagainya. Dengan begitu siswi dapat mengenal lebih dalam keadaanmadrasahnya yang juga merupakan tempat belajar mereka hingga enam tahun mendatang,” lanjut Ajeng.

“Terdapat pula materi keperpustakaan yang mengajak siswi untuk mengenal dekatperpustakaan madrasah. Perpustakaan Mu’allimaat sendiri telah terakreditasi A sehinggav peranannya sebagai wadah minat serta apresiasi terhadap literasi mesti diperkenalkan padakader-kader baru Mu’allimaat,” imbuhnya.

Tak hanya memperkenalkan fasilitasnya, dalam materi keperpustakaan ini peserta diberipenjelasan mengenai aturan serta adab dan etika ketika berada di perpustakaan. Denganmemperkenalkan istana jendela dunia tersebut, besar harapannya siswi dapat tertarik danmengembangkan minat literasinya dengan baik. (Syifa)

Sumber : Hanifah/Tazkia

Shared:
Shared:
1