Bangkitkan Kualitas Sepak Bola di Papua Barat, Unimuda Dirikan SSB

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 28 Juni 2019 16:14 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, SORONG – Peranan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong dalam mendukung percepatan pembangunan sektor sumber daya manusia (SDM) di tanah Papua terus ditingkatkan. Seperti halnya pembangunan sumberdaya manusia (SDM) dalam bidang olahraga berbagai terobosan terus dilakukan Unimuda Sorong dalam meningkatkan prestasi club sepak bola Papua Baratdiantaranya adalah mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB) Unimuda Sorong.

SSB Unimuda Sorong adalah sebuah lembaga pendidikan non-formal olahraga di bawah menejeman Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP Unimuda Sorong yang mempunyai visi terciptanya bibit pemain yang tangguh, professional dan unggul.

Disampaikan Farcham Mulloh, Manajemen SBB Unimuda Sorong adanya sekolah sepak bola betujuan menciptakan pemain-pemain muda yang handal, profesional dan juga menciptakan pemain yang mempunyai mental juara.

“SSB Unimuda Sorong ini dibentuk setelah dilakukan beberapa penelitian oleh para dosean Penjas Unimuda Sorong tentang kondisi sepak boladi Papua Barat dan juga masukan dari beberapa tokoh salahsatunya adalah Asisten Pribadi Provinsi Papua Barat serta pemerhati sepak bola di Papua Barat. Atas dasar itulah Unimuda Sorong bergerak, “jelas Facham, pada (26/6).

Adapun tujuannya jelas Farcham, adalah menciptakan para generasi sepakbola muda yang mempunyai mental yang jernih, tangguh, professional. Sehingga nantinya pemain sepak bola bisa membawa clup sepak bola di Papua Barat naik kasta tertinggi komptisi sepakbola di Indonesia.

Dibentuknya SSB Unimuda ini juga sebagai bentuk komitmen inging menumbuhkan kembali citra sepak bola khususnya di Papua Barat ke kancah nasional. Hal ini seperti ditegaskan oleh Waskito Aji Surya Putra, Pelatih SSB Unimuda, dengan pihaknya mengandeng beberapa lembaga sepak bola ternama yang ada di Papua Barat.

“Secara teknis, kami telah mengandeng Lembaga-lembaga sepak bola seperti KONI Kabupaten/Kota dan Provinsi, PSSI Papua Barat, FIFA bekerjasama dengan Unicef David Beckham Foundation yang sama-sama mempunyai komitmen untuk menaikan citra club sepakbola papua barat ke kancah yang lebih luas,” kata Aji Surya.

Sementara itu, Rustamadji, Rektor Unimuda Sorong menyambut baik didirikannnya SBB Unimuda Sorong. Dirinya juga memberikan apresiasi kepada tim yang telah berani melangkah maju untuk membangun sepak bola di Tanah Papua.

 “Saya pribadi maupun secara lembaga sangat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim yang telah berani melangkah secara cerdas untuk menangkap peluang yang ada. Semoga program ini bisa dilaksanakan secara professional karena jika hal ini dimanage dengan baik maka hasilnyapun akan maksimal, dan secara otomatif kampus UNIMUDA Sorong juga akan terangkat,” kata Rustamadji

SSB Unimuda yang rencanya akan di lauching pada 1 Juli 2019 mendatang diperuntukan diantaranya untuk sepakbola Usia 10, 12, 14, 16 dan 18, serta peningkatan mutu tenaga pelatih dan wawasan pemain, pembinaan pemain usia dini dan kompetisi resmi PSSI. (Andi)

Sumber: Humas Unimuda Sorong 

Shared:
Shared:
1