UMY Lombakan Robot Line Follower antar SMA se DIY-Jateng

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 09 Mei 2011 08:30 WIB

Yogyakarta-Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KMTE UMY) menggelar ajang Robotech 2011: Kompetisi Balap Robot Line follower Tingkat SMA/SMK/sederajat se-DIY-Jateng. Bertempat di Kampus terpadu UMY, lomba ini diikuti 52 tim dari 17 sekolah dan berlangsung pada Sabtu-Minggu (7-8 Mei).

Menurut Fajar Eka Septyadi, ketua panitia,  Robotech 2011 merupakan lomba robot perdana yang diselenggarakan UMY. Sedangkan balap robot line follower sendiri dipilih karena relatif lebih mudah untuk diikuti pelajar sekolah menengah atas dibanding jenis kompetisi robot yang lain.

Fajar berharap kegiatan ini dapat memotivasi pelajar SMA untuk belajar teknologi terutama bidang robotika dan untuk tahun-tahun kedepan bisa lebih akbar dan meriah lagi.

Tampil sebagai pemenang pada perlombaan ini tim Padmanabot II dari SMAN 3 Yogyakarta. Sedangkan posisi kedua hingga keempat ditempati berturut-turut oleh tim SMANSAGA ROBO ONE dari SMAN 1 Ngaglik,  Gathot Kaca dari SMKN 3 Yogyakarta dan Nine Tracker dar SMAN 9 Yogyakarta.

Untuk kategori teknologi terbaik dimenangkan oleh Padmanabot I (SMAN 3 Yogyakarta) dan posisi runner-up oleh Eleven R I (SMAN 11 Yogyakarta).

Pemenang kategori desain terbaik oleh tim Hediys (SMKN 3 Yogyakarta) dan posisi kedua ditempati tim Padmanabot Valinor dari SMAN 3 Yogyakarta)

 Line follower robot, juga disebut Line Tracker atau Line Tracer Robot merupakan robot yang mampu berjalan mengikuti sebuah lintasan yang berupa garis. Garis yang dimaksud adalah garis berwarna hitam diatas permukaan berwarna putih atau sebaliknya, ada juga lintasan dengan warna lain dengan permukaan yang kontras dengan warna garisnya. Sepintas lomba balap robot pengikut garis ini mirip dengan lomba balap mobil tamiya yang cukup dikenal dikalangan remaja dan anak-anak. (www.umy.ac.id)

Shared:
Shared:
1