Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, RS PKU Muhammadiyah Surakarta Kukuhkan SAR Medis

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 14 Juni 2019 16:17 WIB
MUHAMMADIYAH.ID, SURAKARTA -- RS PKU Muhammadiyah Surakarta melakukan pengukuhan anggota SAR medis pada Selasa (11/6) di Aula Baitul Hikmah. Sebelumnya, para anggota telah mengikuti simulasi dan pelatihan dasar pada 25-28 April 2019 lalu.
 
Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Mardiatmo mengatakan bahwa SAR Medis memiliki peran penting dalam implementasi penanggulangan dan kesiapsiagaan bencana yang memang harus dimiliki oleh rumah sakit yang telah terakreditasi KARS.
 
"Secara organisasi, Muhammadiyah berada di bawah Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) , tetapi fungsi dan peran SAR-HDP berada di bawah instruksi RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Harapannya dengan semakin banyaknya partisipasi karyawan yang bergabung dalam SAR Medis HDP RS PKU Muhammadiyah Surakarta akan menjadi wujud kesholihan sosial RS  dan bisa berperan aktif dalam penanggulangan bencana baik di dalam maupun di luar rumah sakit baik itu nasional maupun internasional," ujarnya.
 
Kemudian Arief Budiman, Ketua Tim Hospital Disaster Plan RS PKU Muhammadiyah Surakarta menyampaikan bahwa pengukuhan diikuti sebanyak 16 orang dari RS PKU Muhammadiyah Surakarta, RS Islam Klaten, RS Muhammadiyah Selogiri, dan RS PKU Muhammadiyah Sampangan. 
 
Sebagai informasi, tahun ini beberapa anggota SAR RS PKU Muhammadiyah Surakarta mengikuti Seleksi Emergency Medical Technician (EMT) Internasional dalam rangka menjadi pekerja medis terlatih yang dapat menilai, mengobati dan mengangkut pasien dalam situasi darurat, dan kemampuan memberikan dukungan hidup dasar pasien dalam keadaan darurat medis dan traumatis berskala internasional. (nisa)
 
Sumber: Betty Andriani 
Shared:
Shared:
1