Khazanah Islam Berkemajuan Perlu Segera Diinternasionalisasikan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 11 Mei 2019 00:14 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL – Risalah Pencerahan aspek gerakan Islam Internasional saat ini mulai semakin massif, Menurut Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni melihat kuantitas umat Islam kita patut bergembira karena merupakan umat yang perkembangannya paling cepat diperkirakan 30-50 tahun yang akan dating umat Islam adalah umat yang terbesar.

Menurut Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban ini, Persoalan kuantitas tidak cukup, perlu juga modal kualitas umat Islam harus dikembangkan.

“Banyak problem yang terjadi ketika kualitas umat Islam tidak berkembang. Masalah kebodohan, kemiskinan, kurangnya pemahaman tentang politik, kurang memahami nilai-nilai keislaman”, ungkapnya di Pengajian Ramadhan 1440 H PP Muhammadiyah di UMY, Jumat (10/5).

“Ini adalah sebuah problem yang sering muncul akibat kurangnya kualitas umat Islam”, tambahnya.

Dia mencontohkan bahwa Umat Islam mendapati tantangan yang sangat banyak, seperti tantangan politik, seperti krisis di Timur Tengah.

Isu Islamophobia, ketakutan pada Islam yang melanda Kawasan barat. Image Islam di Barat masih kurang baik, seperti ekstrimisme dan terorisme. Ini cukup berpengaruh dalam imajinasi masyarakat, betapa buruknya Islam dibenak mereka.

Hal-hal tersebut kata Syafiq, menyulitkan dakwah Islam di beberapa negara.

Dia menyebutkan bahwa Faktor Eksternal di Persyarikatan ini yang kiranya perlu kenapa kita harus menebarkan dakwah pencerahan.

Sejak awal Muhammadiyah bergerak pada membasmi TBC (Takhayul, Bid’ah, dan Churafat), namun saat ini problemnya mulai tergeser, dakwah pencerahan strateginya pun harus diubah mengikuti perkembangan zaman.

Pertama, pemahaman agama, tantangan baru kita, adalah bagaimana orang memahami Islam tidak secara kaffah, yang muncul kemudian adalah gejala-gejala takfirisme di dalam dunia Islam.

“Inilah yang terjadi di kalangan buko haram, al qaidah, di kalangan Isis dan lainnya, Ini tentunya sangat merugikan Umat Islam,” jelasnya.

Kedua, metode perjuangan Umat Islam, banyak gerakan-gerakan yang muncul akhir-akhir ini pertama yaitu gerakan fundamentalis Islam, Gerakan radikal Islam, Gerakan Akomodasionis.

Mantan Ketua PWM Jawa Timur ini kemudian mengharapkan agar gerakan pencerahan yang diusung Muhammadiyah harus dipadukan dengan gerakan Islam berkemajuan harus diintegerasikan pemahamannya dan harus diintegerasikan dengan Islam wasatiyah.

“Maka inilah Khazanah Islam Berkemajuan yang perlu kita internasionalisasikan dan perlu kita populerkan, agar Dakwah pencerahan kita di kalangan Umat Islam tidak hanya di Indonesia maupun dunia dapat menyebar,” tutupnya.

 

Shared:
Shared:
1