Muhammadiyah Sebar Mahasiswa Baru Asal Pattani Thailand Selatan Ke 8 PTM

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 04 September 2012 21:32 WIB

 

Jakarta -Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr. Chairil Anwar menerima  dan menyambut kedatangan 44 calon mahasiswa asal Pattani, Thailand Selatan pada (4/9) di Auditorium  Gedung Utama UHAMKA Pasar Rebo, Jakarta Timur. Para calon mahasiswa asal Thailand Selatan itu akan studi strata 1 (S1) di 8 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di pulau Jawa.

Dalam acara penyambutan tersebut hadir Wakil Rektor III UHAMKA, Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum, kepala seksi Kedutaan Besar Thailand untuk Indonesia, Apirat Sugondhabirom dan Direktur Pendidikan  Southern Border Provinces Administrative Center (SBPAC), Mahama Ma-Sae-Sa-i.

Menurut Chairil Anwar,  semua calon mahasiswa tersebut akan menjadi mahasiswa di 8 PTM yang ada di Pulau Jawa.  Ke-delapan PTM tersebut adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  menerima 7 mahasiswa yang mengambil jurusan/program studi Hubungan Internasional, Pendidikan Bahasa Arab dan Inggris, Kedokteran Gigi dan Studi Islam, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerima 7 mahasiswa yang mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Indonesia, Studi Islam dan Tehnik, Universitas Ahmad Dahlan menerima 3 mahasiswa yang mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Inggris, Universitas Muhammadiyah Surakarta menerima 7 mahasiswa yang mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Informatika, Keperawatan dan Farmasi, Universita Muhammadiyah Prof Dr HAMKA (UHAMKA) menerima 7 mahasiswa yang mengambil jurusan Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Perbankan Syariah, Informatika dan Farmasi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto menerima 9 mahasiswa yang mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Farmasi, Informatika, Ekonomi dan Farmasi, Universitas Muhammadiyah Surabaya menerima 3 mahasiswa yang mengambil jurusan Keperawatan dan Pendidikan Bahasa Inggris dan Sekolah Tinggi farmasi Tangerang menerima 2 mahasiswa yang mengambil jurusan Farmasi.

“Semua mahasiswa asal Pattani, Thailand Selatan itu mendapat beasiswa dari PP Muhammadiyah. Kegiatan ini merupakan program kerjasama antara Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan Pemerintah Thailand yang sudah berlangsung sejak tahun 2008. Alhamdulillah tiap tahunnya peminat beasiswa ini terus meningkat,”ujarnya kepada wartawan.

Ditambahkan Chairil Anwar, ditahun mendatang  PP Muhammadiyah akan mengadakan kerjasama dengan pemerintah Fhilipina dalam program  beasiswa bagi mahasiswa asal Filiphina Selatan untuk studi S2. Program beasiswa  tersebut tengah dalam proses penjajakan dibeberapa program studi Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Bahasa Inggris dan Teknik.

“Kita sangat senang  dengan berjalannya program pemberian beasiswa kepada generasi muda Thailand Selatan ini. Meski sudah memasuki tahun ke-4, program beasiswa ini ternyata diminati oleh generasi muda Thailand Selatan. Ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah sudah dikenal luas masyarakat Muslim Thailand Selatan,”tegas Chairil Anwar. 

Shared:
Shared:
1